1 September, Asteroid Terbesar Lewati Bumi

Ilustrasi asteroid melintasi bumi. (ist)

Asteroid terbesar yang pernah dipantau sejak program NASA diluncurkan bakal melewati Bumi pada 1 September mendatang. Asteroid Florence akan melintasi Bumi dengan jarak sekitar 7 juta kilometer. Jarak itu setara 18 kali jarak antara Bumi dengan Bulan.

Florence merupakan asteroid terbesar yang pernah dipantau manusia atau sepanjang sejarah pemantauan obyek dekat bumi yang dilakukan NASA. Berdasarkan perhitungan dari pemantauan teleskop Spitzer Space milik NASA serta misi NEOWISE, asteroid ini memiliki besar 4,4 kilometer.

“Jika banyak asteroid yang sudah dikenal telah melintasi Bumi lebih dekat dibanding Florence yang bakal lewat pada 1 September, asteroid-asteroid itu berukuran lebih kecil. Florence adalah asteroid terbesar yang pernah melintasi planet kita dengan jarak sedekat ini sejak NASA meluncurkan program untuk mendeteksi dan melacak pergerakan asteroid di dekat Bumi,” kata Paul Chodas manajer di Studi NASA untuk objek dekat Bumi (CNEOS).

Dekatnya lintasan Florence pada 1 September mendatang memungkinkan peneliti untuk melakukan studi pada asteroid tersebut. Penelitian dapat dilakukan melalui radar yang ada di darat. Melalui pencitraan radar, dimungkinkan untuk menentukan besar Florence yang sesungguhnya serta detail permukaan dari asteroid tersebut hingga jarak 10 meter.

 

Sumber: NASA / BeritaSatu