11 Desa di Lombok Timur Terdampak Banjir Bandang

14174
kali tampilan.

Dari laporan sementara, kata dia, dampak banjir di empat kecamatan yang berada di sekitar Bendungan Pandandure tersebut, sebanyak 500 kepala keluarga terdampak karena rumahnya terendam dan 50 di antaranya rusak berat. Di samping ada korban satu orang meninggal dunia.

“Laporan sementara yang kami terima, ada juga akses jalan terputus. Informasinya juga ada jembatan putus, tapi kami masih perlu menggali kebenarannya. Petugas sudah menuju lokasi banjir untuk melakukan pengecekan dan pemberian bantuan,” katanya.

Selain di Kabupaten Lombok Timur, banjir bandang juga menerjang Desa Batu Bungus, Kecamatan Janapria, Kabupaten Lombok Tengah. Bencana yang disebabkan hujan deras tersebut merusak tiga rumah/toko.

Banjir juga melanda dua dusun di Desa Lekor, Kabupaten Lombok Tengah. Banjir akibat meluapnya bendungan Brenge dan air kiriman dari sawah.

Meluapnya air bendungan Brenge, juga menyebabkan satu dusun di Desa Beleke, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, tergenang banjir.

“Ada beberapa warga yang mengungsi ke tempat aman. Untuk sementara kerugian belum bisa ditaksir dan tidak ada korban jiwa. Air masih merendam rumah penduduk hingga malam ini,” kata Rum.

BPBD NTB bersama dengan Pemkab Lombok Timur, dan Lombok Tengah sudah menyalurkan bantuan logistik yang diperlukan oleh warga terdampak banjir, seperti selimut, terpal dan makanan siap saji.