32 Koperasi di Lotim Dibubarkan

93
kali tampilan.

LOMBOKita – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) Kabupaten Lombok Timur (Lotim)  melakukan evaluasi terhadap keberadaan koperasi, yang dinilai tidak aktif, dan membandel.

Dari   508 unit koperasi, yang aktif hanya 262 unit, dan  32 unit diantaranya sudah dibubarkan dan sisanya masih proses pengusulan,” ungkap Kabid Pembinaan dan Pengawasan Koperasi pada Diskpo dan UKM Lotim, Muhammad Irwan Sair,

Menurut Irwan, pembubaran terhadap koperasi tidak aktif itu, ada dua syarat, yaitu pembubaran dilakukan atas kesepakatan anggota. Dan usulan dinas dengan melihat situasi yang tidak mungkin untuk menjalankan simpan pinjam.

“Ketika dua tahun berturut-turut tidak melakukan RAT, maka dinyatakan tidak aktif Sehingga dilakukan pembinaan,” ucapnya.

Loading...

Bahkan sebelum oembubaran dilakukan, sebelumnya dilakukan pembinaan,

” ketika dalam tahap pembinaan  tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik, maka koperasi yang bersangkutan langsung dibubarkan,”terangnya,

Bagi koperasi yang membandel ini, katanya, tidak serta merta diberikan teguran, melainkan mencarikan solusi yang tepat karena bagaimanapun keberadan koperasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Maka dari itu, langkah yang dilakukan pembinaan dan mpeningkatan sumber daya manusia (SDM) dari koperasi terus ditingkatkan agar suatu koperasi dapat berjalan dengan baik dengan tersedianya SDM yang berkualitas. “Kita masih lakukan evaluasi dan monitoring disamping dilakukan peningkatan SDM bagi petugas koperasi,”jelasnya.

Banyaknya koperasi yang tidak berjalan dengan baik karena beberapa persoalan. Koperasi yang melakukan usaha simpan pinjam namun tidak melaksanakan komitmennya sehingga menyebabkan suatu koperasi itu macet dan mati suri. Hingga saat ini, jumlah koperasi yang sudah dibubarkan sebanyak 32 unit koperasi dan 82 koperasi masih dalam tahap pengusulan pembubaran.

“Jadi sangat penting petugas koperasi ini ditingkatkan kualitas dan pemahamannya. Jika SDM-nya baik, maka berdampak terhadap kemajuan koperasi itu sendiri,”ujarnya

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.