570 Orang Pendaki Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi

Enam Orang Masih Berada di Danau Segara Anak

316
kali tampilan.

LOMBOKita – Tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Basarnas, TNGR, Porter dan Guider berhasil mengevakuasi 570 orang pendaki ‎gunung Rinjani yang terjebak diatas Danau Segara Anak.

Para pendaki itu terjebak di Rinjani disebabkan adanya longsor yang terjadi diatas bersamaan dengan gempa yang mengguncang wilayah Lombok Timur berkekuatan 6,4 skala richter.

“Alhamdulillah tim telah berhasil mengevakuasi ratusan pendaki lokal maupun mancanegara,” jelas Dandim 1615 Lombok Timur, Letkol Inf. Agus Setiandar.

Saat ini, lanjut Agus, para pendaki itu sedang mendapatkan perawatan intensif dari rumkilap oleh Batalyon Kesehatan (Yonkes) 1 Divif-1 Kostrad TNI AD. Karena melihat kondisi para pendaki yang dievakuasi yang sangat lemah.

Selain itu, dalam melakukan evakuasi terhadap ratusan pendaki tersebut tim gabungan tidak ada masalah.

Dandim menjelaskan, ada enam orang pendaki dikabarkan masih berada di sekitar Danau Segara Anak. Namun sedang dijemput tim khusus dari Jasrem 162 WB dan Yonif 742 Satya Wira Yudha bersama guider dan porter.

“Kami juga akan menyiapkan alternatif evakuasi udara apabila keadaan memaksa dan memungkinan,” tandas Dandim 1615 Lotim.

Keterangan Foto : Para pendaki yang berhasil di evakuasi sedang mendapatkan perawatan dari petugas kesehatan TNI AD.