Akhirnya, Apple Pensiunkan iPod Nano dan iPod Shuffle

Oleh Bagus Hernawan/Makemac

iPod Nano - iPod Shuffle

Setelah beberapa tahun tidak menghadirkan versi baru, perangkat iPod Nano dan iPod Shuffle resmi dihapus dari laman Apple.com mulai hari ini. Ya, Apple resmi berhenti menjual 2 jenis iPod tersebut dan hanya menyisakan iPod Touch sebagai perangkat music player. Keputusan ini dilakukan secara diam-diam dan belum ada catatan resmi yang dirilis.

Apple today quietly removed its iPod nano and iPod shuffle product pages from its website, indicating that the company could be moving towards officially discontinuing the products.

Kedua jenis iPod tersebut memang sudah lama sekali tidak mendapatkan update. Versi terbarunya hadir tahun 2015 lalu dengan beberapa pilihan warna baru yang membuatnya tampil seperti iPod Touch. Namun secara tampilan aplikasi, spesifikasi perangkat keras dan fiturnya, iPod Shuffle dan iPod Nano masih belum berubah sejak generasi terakhir di tahun 2012. Ya, 5 tahun tanpa perubahan sudah bisa menjadi tanda bahwa Apple akan segera menghentikan 2 lini iPod tersebut dan hanya menyisakan iPod Touch.

Menurut pendapat saya, Apple mulai berhenti menjual iPod Nano dan iPod Shuffle karena kehadiran Apple Music. Sistem berlangganan Apple Music tentunya tidak mendukung 2 jenis iPod yang sebentar lagi juga akan ditarik dari beragam Apple Store dan Apple Authorized tersebut. Ditambah lagi Apple Watch yang sudah semakin cerdas dan bisa digunakan untuk memutar konten musik, bersamaa dengna penggunaan Airpods atau perangkat audio nirkabel lainnya.

Apakah kamu termasuk penggemar produk iPod seperti saya dan merasa sedih dengan keputusan Apple untuk berhenti menjual iPod? Tulis komentar Anda.

Komentar Anda