AKURINDO NTB Minta Tunggakan KUR UMKM Korban Gempa Dihapus

159
kali tampilan.
Ketua DPW AKURUNDO NTB, Badrin

LOMBOKita – DPW Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (AKURINDO) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengharapkan pemerintah memperkuat sektor UMKM pasca terjadinya gempa bumi di daerah ini.

Menurut Ketua DPW AKURUNDO NTB, Badrin, sektor UMKM sudah terbukti paling bertahan di tengah ekonomi yang sedang genting sekalipun.

“Kami berharap kepada pemerintah dan OJK segera membuat kebijakan dan terobosan untuk sektor UMKM di NTB yang terdampak langsung bencana gempa bumi,” kata Badrin yang kerap dipanggil Angger itu dihubungi LOMBOKita, Sabtu (8/9/2018).

Badrin berharap OJK memberlakukan kebijakan kepada pelaku UMKM yang terdampak langsung bencana gempa bumi di NTB untuk.diberikan keringan peminjam dana KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Bahkan jika memungkinkan, kata Angger, sisa tunggakan para pelaku UMKM diberikan kebijakan untuk dilakukan pemutihan (dihapuskan).

“Kalau kita lihat di lapangan, jangankan untuk membayar angsuran, untuk bertahan hidup saja mereka sudah susah karena rumah mereka sudah rata dengan tanah, harta benda juga tidak sempat diselamatkan, jadi ikut terkubur di tumpukan reruntuhan rumah,” jelas Angger.

Meski demikian, katanya, pihak lembaga perbankan tetap turun ke lapangan melakukan survei dan verifikasi terhadap kondisi para pelaku UMKM dan warga yang meminjam Dana KUR tersebut dan yang layaj untuk diringankan dan di-PUTIHkan pinajmannya.

AKURINDO berharap palaku UMKM yang ada di NTB tetap semangat dan cepat bangkit pasca gempa bumi yang datang secara bertubi-tubi sehingga menimbulkan banyak kerusakan.

Pada Oktober mendatang, menurut Badrin, AKURINDO dan Koperasi Mitra Sarana Perjuangan (MSP) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Bali akan.melaksanakan MSP EXSPO 2018 di Lapangan Braja Sandi, Renon Denpasar Bali pada tanggal 10 – 14 Oktober 2018.

Pameran bertaraf nasional ini akan dilaksanakan bertepatan dengan acara Internasional Monetery Fund-Word Bank Group (IMF-WBG) Annual Meeting 2018. Ajang MSP Exspo 2018 ini merupakan rangkaian.acara kegiatan para pejabat keuangan di dunia tersebut.

Rencananya, sekirat 300-500 pelaku UMKM terbaik akan dilibatkan dalam.pameran dengan tema “AMAZING BALI” itu. Mereka akan memamerkan aneka produk dengan potensi ekspor dari seluruh Indonesia, mulai dari Kuliner, Fashion serta Kerajinan (Craft).

AKURINDO berharap para pelaku UMKM di NTB ambil bagian pada momen yang sangat bagus itu sebagai bentuk kebangkitan UMKM di NTB pasca musibah gempa bumi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here