Alunan Budaya Minim Bantuan Pemda. Ali BD: Tahun Depan Saya Bantu

Bupati Lotim, HM.Ali BD saat meninjau lokasi kegiatan alunan budaya Pringgesela.

LOMBOKita – Panitia Penyelenggara Alunan Budaya Pringgasela Kabupaten Lombok Timur mengeluhkan minimnya perhatian pemerintah daerah setempat atas terselenggaranya kegiatan masyarakat yang dihajatkan untuk memajukan pariwisata di daerah itu.

Ketua Panitia Alunan Budaya Pringgasela Eka Karisma Noviandi menjelaskan, kegiatan ini terselenggara murni atas swadaya masyarakat, tanpa ada dukungan dari pemerintah daerah baik kabupaten Lombok Timur maupun pemerintah Provinsi NTB.

Akibat minimnya dukungan pemerintah daerah tersebut, Eka Karisma Noviandi mengaku gagal meraih target yakni meraih rekor muri.

“Bagaimana budaya dan pariwisata kita bisa dilestarikan dengan baik kalau pemerintah saja kurang peduli,” keluh Eka Karisma Noviandi.

Sebenarnya, kata Eka Karisma, panitia telah mengagendakan kegiatan Alunan Budaya Pringgasela ini untuk menghadirkan 1.350 penenun lokal, namun karena kurangnya dukungan dari pemerintah, target meraih rekor muri itu pun hanya isapan jempol belaka.

Masyarakat sebagai penggagas kegiatan itu, menurut Eka, hanya mampu memberikan masukan ide dan gagasan tetapi jika tanpa dukungan pembiayaan dari pemerintah, mustahil terlaksana dengan baik, terlebih mencapai target memecahkan rekor muri seperti yang diinginkan panitia.

“Memang ada janji dukungan dana dari pemerintah daerah, namun sampai acara dilaksanakan janji tersebut belum direalisasikan. Padahal kegiatan itu penting untuk mendukung pelestarian budaya dan sebagai promosi pariwisata di Lombok Timur,” sesal Eka.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Timur, Lalu Suandi berjanji akan memberikan perhatian yang lebih terhadap kegiatan ini.

“Tahun depan Dinas PDK bisa mengambil bagian dari kegiatan ini dan menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan masyarakat Pringgesela saat ini,” kata LaluSuandi.

Bupati Lombok Timur HM Ali Bin Dachlan saat memberikan sambutan juga berjanji akan memberikan bantuan penuh pelaksanaan kegiatan Alunan Budaya Pringgasela tahun depan.

“Tahun depan saya akan berikan bantuan dan perhatian khusus atas kegiatan ini, karena ini sangat bagus,” ucap Ali BD.

Komentar Anda