Anggota TNI Asal Loteng Gugur Saat Baku Tembak dengan KKB di Papua

181
kali tampilan.
Almarhum Praka Anumerta Dedi Hamdani / foto: Istimewa

LOMBOKita – Salah seorang anggota TNI Pratu Dedi Hamdani asal Dusun Bagik Dewa Desa Pelambik Kecamatan Praya Barat Daya Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) gugur saat bertugas di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Dandim 1620 Lombok Tengah, Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan menjelaskan, almarhum Pratu Dedi Hamdani, NRP 31100024010995, Jabatan Taban Cuk 1 Ru 3 Ton Morse Danpokpan 2 Regu 3 Ton I Kiban Yonif Raider 408/Suhbrastha BP Yonif R 400/BR (anggota Pos Hitadipa) meninggal dunia saat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya Papua usai shalat subuh sekitar pukul 11.30 WIT, Jumat (22/1/2021).

Menurut Dandim, Pratu Dedi Hamdani kontak tembak antara anggota Pos Hitadipa Yonif R 400/BR dengan kelompok separatis bersenjata yang mengakibatkan korban mengalami luka tembak pada bagian patat tembus perut depan dan luka tembak pada tangan kanan.

Dalam baku tembak tersebut, mengakibatkan dua Prajurit Gugur. Mereka adalah Pratu Roy Vebrianto dan Pratu Dedi Hamdani.

“Pratu Dedi Hamdani merupakan warga Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya (Prabarda) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), membuat laman Facebook pribadinya, Praja Raksaka Raksaka dibanjiri ungkapan duka cita dari rekan dan kerabat,” kata Dandim Lombok Tengah saat melakukan kunjungan silaturrahmi dengan keluarga Praka (Anumerta) Dedi Hamdani di Dusun Bagik Dewa Desa Pelambik Kec. Praya Barat Daya,” Sabtu (23/01/2021).

Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel

“Kami mengucapkan bela sungkawa yang sedalam dalamnya dan mengucapkan belasungkawa atas gugurnya Almarhum Praka Anumerta Dedi Hamdani atas kegigihannya dan perjuangan yang dilakukan oleh almarhum selama bertugas,” ucap Dandim.

Sebagai prajurit TNI, kata Dandim, prajurit melaksanakan tugas adalah kebanggan dan almarhum adalah pahlawan dikarenakan meninggal dalam melaksanakan oprasi atau tugas negara.

Dandim menyebutkan, rencana pemakaman akan dilaksanakan besok pada Minggu setelah jenazah tiba dari bandara Lombok Internasional Airport.

“Persiapan pemakaman kami sudah persiapkan dari kemarin oleh anggota kodim 1620/Loteng dan untuk pelaksanaan pemakaman akan dilaksanakan secara militer,” ucap Dandim.

- Adv -

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.