Anggrek Vanda Lombokensis Icon Kebun Raya Lemor

157
kali tampilan.

LOMBOKita – Bunga anggrek jenis Vanda Lombokensis menjadi ikon di Kebun Raya Lemor yang berada di wilayah Kecamatan Suela. Karena jenis angrek ini merupakan endemik Pulau Lombok artinya habibatnya asli ada di pulau Lombok.

Demikian dikatakan pendamping Kebun Raya Daerah-LIPI, Cindy yoeland violita kepada media ini. ” Memang bunga anggrek jenis vanda lombokensis jadi icon kebun raya Lemor,” katanya.

Selain itu, lanjut Cindy, anggrek itu juga masih bisa ditemukan di hutan-hutan yang ada di Lombok. Untuk kemudian temuan saat eksplorasi itu dibawa ke kebon raya Lemor sebagai koleksi kebun raya.

Begitu juga jenis tanaman anggrek famili vanda ini ada banyak dan habitatnya tersebar di seluruh wilayah Indonesia.Hanya yang membedakan anggrek jenis ini dengan yang lain adalah ke khas-an warga dan habitat tumbuhanya.

Apalagi setiap kebun raya daerah punya ke khas-annya masing-masing. Tentunya bisa dilihat dari jenis tanamannya,begitu juga lokasi kebun rayanya,karakteristik lingkungan sekitar dari kebun raya itu sendiri.

“Bungga Anggrek jenis  Vanda lombokensis sangat indah dilihat atau dipandang,sehingga ini tentunya menjadi keistimewaan tersendiri bagi masyarakat Lombok bisa melihat bunga itu apabila berkunjung ke kebur raya lemor,” ujarnya.

Keterangan foto pendamping kebun raya daerah -LIPI sedang merawat bunga anggrek vanda lombokensis di kebun raya Lemor.