Atlet Taekwondo KLU Persiapkan Pisik Hadapi Porprov 2018

Fadli Almahdi, pelatih tekwondo Lombok Utara / foto: Sahnan Sutriadi

LOMBOKita – Atlet olahraga Tekwondo Kabupaten Lombok Utara mempersiapkan ketahana pisik menghadapi pekan olahraga provinsi atau Porprov tahun 2018.

Persiapan dilakukan secara rutin di gedung olahraga Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara

Fadli Almahdi, pelatih tekwondo yang ditemui di tempat latihan menjelaskan, ada 3 tahapan persiapan yang tengah dilakukan para atlet yaitu tahapan pisik dan teknik serta tahapan mental yang dianggapnya menjadi kunci pokok keberhasilan atlat.

Menurut Fadli, persiapan terpenting jangka menengah ini akan difokuskan ke persiapan pisik dan dan teknik, namun secara proporsiaonal persiapan fisik lebih mendominasi. Pasalnya, menjadi penentu utama kemenangan seorang atlit tekwondo yaitu keberhasilan dalam menjaga kebugaran dan mengatur tenaga dalam setiap pertandingan.

“Pelatihan pisik harus dibiasakan setiap hari agar tubuh terbiasa dengan kondisi siap seperti saat bertanding. Demikian pula pola makan juga sangat menentukan kebugaran atlet,” kata Fadli.

Latihan pisik lain, kata Fadli, yakni persiapan kelincahan dan latihan ini dilakukan secara teratur dan dibiasakan 6 kali seminggu seperti latihan skiping dengan variasi gaya lompatan.

“Gerak kecepatan juga sangat penting dalam persiapan pisik, biasanya gerak dilatih dengan sprin 100 meter,” katanya.

Kemudian yang jauh lebih penting, menurut Fadli, adalah daya tahan otot yang biasanya dilakukan dengan push-up untuk atlet dibawah 17 tahun, standarnya 25 kali lalu istirahat satu menit dan dilanjutkan lagi sampai 100 kali.

Dalam ajang even olah raga tahunan provinsi NTB 2018 kali ini, atlet tekwondo menargetkan 2 emas karena berkaca dari tahun kemarin angka 2 emas merupakan angka realistis untuk atlet tekwondo Kabupaten Lombok Utara. (nan)

Komentar Anda