“The Baby Alien” Cukup Finis 11 Amankan Juara MotoGP

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, dan Andrea Dovizioso dari tim Ducati. [AFP]

Marc Marquez pastikan tidak akan bermain aman pada seri terakhir MotoGP di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (12/11/2017). Marquez tidak ingin tampil mengecewakan pada balapan di depan publiknya sendiri.

Pebalap Repsol Honda ini hanya butuh finis ke-11 untuk bisa menggenggam titel juara dunia MotoGP 2017. Ini berdasarkan hitung-hitungan dengan pesaing terdekatnya, Andrea Dovizioso, yang terpaut 21 poin.

Jika Dovizioso memenangi lomba, maka poin pebalap Ducatiyang kini telah mengumpulkan 261 poin dari 17 seri yang telah berlangsung, akan menjadi 286 poin.

Itu artinya, Marquez hanya butuh tambahan lima poin untuk meraih gelar juara dunia keempatnya di kelas MotoGP setelah tahun 2013, 2014, dan 2016. Dengan kata lain, dia hanya cukup finis ke-11.

Namun, Marquez enggan bermain aman seperti itu. Dia menegaskan, akan tetap berjuang meraih podium di depan penonton yang dipastikan akan mendukungnya secara penuh pada balapan nanti.

“Saya tidak akan tampil dan berkata peringkat 10 sudah OK. Saya akan berusaha mencari setelan yang pas dnegan motor, memberikan 100 persen kemampuan, dan menikmati jalannya lomba,” ujar Marquez, dikutip dari Crash, Jumat (10/11/2017).

Di sisi lain, pebalap berjuluk The Baby Alien ini mengaku santai menghadapi balapan penentuan gelar juara dunia. Dia sudah berpengalaman dengan situasi semacam ini.

“Ini bukan kali pertama saya berjuang meraih gelar juara dunia di sini di Valencia, sebelumnya pernah di tahun 2010. Tapi, khususnya yang paling sulit adalah di tahun 2015,” tutur Marquez.

“Saya berhasil mengatasi situasi serupa sebelumnya. Jadi, saya akan coba mengatasi hal yang sama dan kelihatannya cuaca akan mendukung sepanjang pekan ini, yang mana itu satu hal yang sangat penting,” pungkasnya.

Komentar Anda