Bacaleg Bekas Koruptor Terbanyak dari Gerindra

56
kali tampilan.
Petugas KPU memeriksa kelengkapan berkas pendaftaran calon legislatif Partai Nasdem di Kantor KPU Pusat, Jakarta, Senin (16/7/2018). Partai Nasdem mendaftarkan di 2.552 dapil seluruh Indonesia dengan 2.391 orang bacaleg. Termasuk 575 bacaleg di antaranya yang tersebar pada 80 dapil untuk DPRI RI. SP/Joanito De Saojoao.

LOMBOKita – Partai Gerindra merupakan partai terbanyak yang mendaftarkan bakal calon anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang terindikasi atau diduga merupakan eks terpidana kasus korupsi. Hal ini berdasarkan data Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang dirilis Kamis (26/7).

Berdasarkan data tersebut, sebanyak 27 bacaleg Gerindra untuk DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang terindikasi eks koruptor. Kemudian disusul Partai Golkar sebanyak 25 orang, Partai Nasdem 17 orang, Partai Berkarya 16 orang, Partai Hanura 15, dan PDI Perjuangan 13 orang.

Sementara Partai Demokrat, Perindo dan Partai Amanat Nasional (PAN) masing-masing mendaftarkan 12 orang eks koruptor, Partai Bulan Bintang (PBB) mendaftarkan 11 orang eks koruptor, dan partai yang lain hanya mendaftarkan di bawah 10 orang eks koruptor menjadi bacaleg.

Satu-satunya partai nasional yang bersih dari bacaleg eks koruptor adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Loading...

Dari data Bawaslu tersebut, ditemukan juga ada satu dari empat partai lokal Aceh yang mendaftarkan eks koruptor, yakni Partai Sira dengan jumlah yang didaftarkan satu orang.

“Hasil pengawasan kami menemukan sebanyak 199 bacaleg mantan terpidana kasus korupsi yang tersebar di provinsi sebanyak 30 bakal calon, di kabupaten 148 bakal calon dan di kota 21 bakal calon,” ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin di Jakarta, Kamis (26/7).

Afifuddin menjelaskan temuan tersebut didapat dari pengawasan melekat Bawaslu di daerah dengan memeriksa informasi dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Surat Keterangan Pengadilan.

Namun, dia menegaskan bahwa data bacaleg DPRD eks koruptor tersebut masih bersifat indikasi potensial yang dapat berkembang datanya sebelum dinyatakan memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU.

Berikut ini data Bawaslu Terkait Bacaleg DPRD yang Diduga Eks Koruptor
– Gerindra: 27
– Golkar: 25
– Nasdem: 17
– Berkarya: 16
– Hanura: 15

– PDIP: 13
– Demokrat: 12
– Perindo: 12
– PAN: 12
– PBB: 11

– PKB: 8
– PPP: 7
– PKPI: 7
– Garuda: 6
– PKS: 5

– Partai Sira: 1
– PSI: 0
– Partai Aceh: 0
– Partai Daerah Aceh: 0
– Partai Nanggroe Aceh: 0

Tidak dijelaskan partainya: 5
Total: 199

Loading...

1 KOMENTAR

Comments are closed.