LOMBOKita – Seringkali kita melihat film atau tayangan luar negeri yang menggambarkan para tokoh yang doyan banget sarapan dengan kopi? Sebelum pergi ke stasiun bawah tanah atau langsung ke kantor, para tokoh itu biasanya mampir dulu ke kafe untuk membeli kopi.

So, kopi nggak cuma diminum ketika ngantuk di tengah-tengah bekerja, tetapi kopi juga diminum pagi hari sebagai menu sarapan untuk bikin mata melek sebelum beraktivitas. Baik atau nggak sih menu sarapan kopi?

Menurut pakar kesehatan, minum kopi sebelum sarapan sebenarnya aman selama kita tidak memiliki riwayat penyakit maag.

Wah, kudu hati-hati nih yang punya maag, karena kafein yang tinggi pada kopi bisa meningkatkan produksi asam lambung, sehingga bikin penderita maag bisa kambuh ketika minum kopi di pagi hari. Nggak cuma itu, untuk penderita maag parah, minum kopi setelah makan pun bisa meningkatkan asam lambung dan menyebabkan perut terasa kembung.

Loading...

Efek kafein pada tiap orang memang bisa berbeda-beda. Mungkin ada yang baru nendang ketika sudah sarapan dengan kopi, sarapan dengan menu lain malah bikin perut tidak enak.

Meski begitu, untuk yang tidak menderita sakit maag pun tetap harus berhati-hati. Usahakan minum kopi tidak dalam kondisi perut kosong, karena untuk beberapa orang bisa menyebabkan perut kembung dan terasa tidak enak. Direkomendasikan juga untuk tidak minum kopi berlebihan saat sarapan dan pilih kopi yang tidak terlalu asam,

Selain itu, menurut penelitian dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, waktu sarapan pukul 8-9 pagi tubuh sedang memproduksi hormon kortisol yang bermanfaat untuk meningkatkan energi pada tubuh secara alami. Ketika kita mengonsumsi kopi, kafein akan meningkatkan produksi hormon kortisol tersebut. Tetapi, bukan malah pasokan energi yang kita dapatkan, melainkan akan membuat kita cemas dan tidak tenang. Akibatnya saat jam makan siang tubuh akan sangat lelah karena memforsir energi serta sistem tubuh yang berusaha keras mengatasi kecemasan.

So, baik atau buruk sarapan dengan kopi? Jawabannya tergantung kondisi perut dan tubuhmu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.