Bang Zul Melanjutkan Ikhtiar TGB

Ahmad Efendi, Komunitas Balai Tulis Literacy NTB

2634
kali tampilan.
Gubernur NTB
Gubernur NTB

LOMBOKita – Sejak kepemimpinan TGB (Zainul Majdi) NTB dapat dikatakan memulai starting point baru. Di era TGB lah NTB mengalami kemajuan cukup berarti.

Berbagai bidang pembangunan memperlihatkan kemajuan-kemajuan yang ditandai dengan banyaknya penghargaan-penghargaan yang diterima oleh NTB sebagai Provinsi. Ada Best Halal Tourism, Best Destination Honeymoon, dan sederet penghargaan-pengharaan skala nasional lainnya.

Di era TGB juga berbagai pembangunan Infrastruktur memperlihatkan kemajuan cukup berarti. Banyak inisiatif proyek-proyek besar mulai dijalankan. Di pulau Lombok misalnya ada Bandara Internasional Lombok (BIL), dengan pembangungan jalan By passnya, Islamic Center (IC) NTB, Global Hub Kayangan, sedangkan di pulau Sumbawa ada inisiasi pembentukan akuarium raksasa dengan Samota sebagai sasarannya.

Sejalan dengan berbagai inisiasi proyek-proyek infrastruktur NTB juga sering dijadikan event-event besar skala nasional maupun internasional. Bahkan baru-baru ini telah dimulai pembangunan sirkuit berskala internasional di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Lombok tengah yang dapat dipastikan fasilitas ini akan mengundang para wisatawan untuk menyemut.

Loading...

Pengembangan pembangunan pariwisata juga NTB cukup menonjol. Target kunjungan pertahun telah mencapai jutaan pengunjung. Hal itu seiring dengan kemajuan promosi di bidang pariwisata sendiri oleh pemerintahan TGB. Dalam pada ini hotel-hotel selalu berdenyut ramai yang berimplikasi titisan kesejahteraan ke masyarakat.

Tangan dingin TGB dalam memimpin NTB betul-betul dirasakan masyarakat NTB. Ada kemajuan yang cukup signifikan dapat dirasakan. Mulai dari keberadaan pembangunan pertanian, pendidikan maupun kepemudaan dan olah raga. Di bidang olah raga sendiri di era TGB lah NTB mampu membuktikan dirinya sebagai provinsi yang jaya karena bisa memberikan kontribusi positif di skala nasional dengan keberadaan atlet-atletnya.

Untuk kemajuan-kemajuan yang telah diraih tentunya sudah menjadi kewajiban pemerintahan berikutnya untuk terus melanjutkan. Mengembangkan dan memupuk terus berbagai bidang pembangunan daerah tentunya diperlukan seorang pemimpin yang cukup kompeten guna bisa meningkatkan pencapaian-pencapaian. Tidak berlebihan kemudian pimpinan baru yang sering memakai jargon melanjutkan ikhtiar TGB yaitu Zul-Rohmi berkeinginan kuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat NTB.

Dalam pada itu, tarrget —target yang telah direncanakan sepertinya mulai menampakkan hasil, di mana dalam waktu kurang dari 100 hari NTB Gemilang telah diletakkan dasar-dasarnya oleh Zul-Rohmi. Ini tercermin dari terpuaskannya masyarakat NTB dengan “pelayanan” pimpinan baru seperti dilansir oleh survey My Institute. Jika diangkakan tidak kurang dari 87% masyarakat NTB mengaku senang dan puas dengan kepemimpinan Bang Zul-Rohmi. Artinya masyarakat NTB menaruh harapan besar pada duet kepemimpinan Bang Zul-Rohmi untuk dapat terus mengayuh terus sampai 5 tahun ke depan.

Semoga awal yang baik ini dapat menjadi pertanda baik untuk NTB ke depan. Tentu awal yang baik ini bisa menjadi energy positif bagi Bang Zul- dan Bu Rohmi dan jajarannya untuk memacu semangat guna terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat NTB yang dilayaninya. Lebih jauh dari itu ada PR besar yang masih menjadi target utama yaitu bagaimana membangun Lombok dan Sumbawa pasca gempa bertubi-tubi.

Untuk itu pemerintah Provinsi pun meluncurkan program-program yang dapat merangsang kebangkitan kembali Lombok-Sumbawa di antaranya mengundang semua pemuda untuk berpartisipasi dalam mewujudkan generasi milenial yang siap menghadapi tantangan zaman, mewujudkan perluasan lapangan kerja, mewujudkan insan pembangunan yang terampil. Lalu diturunkan menjadi program-program seperti yang baru-baru diluncurkan seperti, NTB Digital Service, program magang di bidang Ekonomi Bisnis, Program Beasiswa NTB, program Rehabilitasi dan Rekonstruksi Gempa dan ada juga program mewujudkan Generasi Emas.

Penulis kurang memahami bagaimana model detail program-porgram tersebut di atas, namun yang jelas pemerintah telah berusaha hadir di dalam mencoba mengisi ruang-ruang yang sangat urgen bagi memfasilitasi masyarakat. Hal ini tentu merupakan bentuk perluasan kehadiran Negara di dalam rangka membantu masyarakat untuk mencapai kesejahteraannya. Pemerintah telah berusaha memperbesar kapasitasnya sehingga biasanya dalam rangka meningkatkan kemampuan sumber daya manusia biasanya peran suasta yang diharapkan.

Artinya bahwa respon pemerintah dalam menghadapi kondisi pasca bencana gempa Lombok-Sumbawa yang datang bertubi-tubi itu ada dan terasa. Ini perlu diapresiasi karena pemerintah Provinsi berusaha sekuat tenaga dalam rangka ikut mengurai persoalan-persoalan masyakarat agar bisa berdaya kembali secara lebih massif dan cepat. Tidak hanya sebagai repon terhadap adanya bencana, namun telah berusaha mewujudkan peningkatan-peningkatan dalam rangka berbuat bagi masyarakat banyak.

Bang Zul sebagai pemipin terdepan pastilah memahami persoalan-persoalan ini, di mana ia harus mencoba terus memperbesar kapasitas pemerintahannya. Ini tentu saja kebalikan dari corak kepemimpinan Laissez Faire yang meresepon kondisi antara acuh dan tidak acuh. Artinya pemerintahan Bang Zul mencoba membuat kelembagaan (aturan main) yang tidak semata-mata dilepas berjalan kemana hendak mengalir. Tetapi ada upaya pensettingan secara sengaja dan terencana sehingga ke depannya dapat di evaluasi dan diperbaiki terus-menerus dalam kaitannya dengan keikutsertaan dan keaktifan pemerintah dalam menjalankan kerja-kerja sosialnya untuk mendekatkan aksi Welfare state itu.

Fenomena ini tentu saja sangat menarik bagi penulis, karena pemerintahan Bang Zul jeli dalam membaca ssituasi-kondisi. Agar masyarakat sedapat mungkin “diintervensi” sehingga tidak berjalan sendiri seperti orang yang tidak punya Ibu Bapak. Dalam pada ini diharapkan kue-kue pembangunan itu bisa dinikmati secara lebih merata ke depannya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.