Banyak ATM Bank Mengalami Error

315
kali tampilan.
Mesin ATM
Mesin ATM (ilustrasi)

LOMBOKita – Banyak bank di Indonesia ‘sibuk’ dengan permasalahan ATM. Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dari berbagai bank di Indonesia tampaknya masih belum beroperasi alias masih offline. Sejak kemarin, Sabtu 26 Agustus, ATM terpantau mulai eror.

Error-nya ATM terjadi akibat satelit Telkom 1 yang merupakan penghubung jaringan perbankan mengalami gangguan. Layanan ATM dari sejumlah bank akhirnya mengalami gangguan, misalnya PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan sejumlah bank lainnya.

Sejumlah netizen terpantau mengeluhkan hal ini. Misalnya yang dilakukan oleh akun Twitter @kdarustian. “@HaloBCA atm bca rusak dimana2 koq ya?” tanya dia.

“@BNI atm bni msih trouble gak min?” tulis @annisa_suwiji.

Sebelumnya, Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan terputusnya jaringan komunikasi dari ATM tersebut adalah imbas dari gangguan pada satelit Telkom 1. Dirinya mengatakan, ada sekira 100 kantor kas BCA yang mengalami masalah.

Bank Mandiri mengalami gangguan. Tak tanggung-tanggung, 2.000 ATM Mandiri dinyatakan Offline.

BNI juga mengalami masalah yang sama. Ada sekira 1.500 ATM BNI offline. “Sebagaimana beberapa bank lain, BNI juga terdampak gangguan jaringan Telkom-1. Namun hanya sekitar 1.500 ATM yang terdampak dari 16.000 ATM yang dimiliki BNI,” sekretaris Perusahaan PT BNI Rian Kiryanto.
(wdi)