Bau Nyale 2019 Dilaksanakan 24-25 Februari

553
kali tampilan.
Sangkep Urige penentuan tanggal pelaksanaan Bau Nyale 2019 di Dusun Ende Desa Sengkol Kecamatan Pujut, Kamis (10/1/2019).

LOMBOKita – Acara Bau Nyale tahun ini di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dilaksanakan pada tanggal 24-25 Februari 2019.

Keputusan tersebut berdasarkan kesimpulan para pemangku empat penjuru mata angin yang ada di Kecamatan Pujut dalam Sangkep Urige Bau Nyale yang dilaksanakan di Obyek Wisata Dusun Ende Desa Sengkol Kecamatab Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (10/1/2019).

Sangkep urige (rapat adat) yang dipimpin Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, H. Lalu Putria dihadiri Camat Pujut, Lalu Sungkul, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama yang ada di Kecamatan Pujut.

Camat Pujut Lalu Sungkul saat memukul gong tanda ditetapkannya hari pelaksanaan Bau Nyale 2019
Menurut Lalu Putria, penentuan tanggal tangkap nyale ini dilaksanakan berdasarkan perhitungan kalender Sasak tanggal 20 bulan 10 yang jatuh pada hari Sabtu-Minggu tanggal 24-25 Februari 2019, atau bertepatan dengan tanggal 19-20 Jumadil Akhir.

Loading...

“Kalau hasil kajian Universitas Mataram, nyale akan muncul pada tanggal 23-24 Februari 2019,” ungkap Lalu Putria.

Camat Pujut Lalu Sungkul menambahkan, penetapan ini telah final dilandasi hitungan para ahli astronomi sekecamatan Pujut dan berdasar hasil kajian akademisi Unram.

Lalu Sungkul berharap, tidak ada lagi muncul hasil hitungan lain yang akan membingungkan masyarakat. Terlebih, core event Bau Nyale ini telah menjadi agenda pemerintah pusat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.