Berkat SIOMA Polres Mataram Masuk Terbaik Nasional

LOMBOKita – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menilai pelayanan publik yang disediakan Kepolisian Resor Mataram lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jika kita lihat dari evaluasi tahun lalu, pelayanan publik yang diberikan sudah menunjukkan perkembangan yang lebih baik, ada kemajuan-kemajuan, ada inovasi baru, seperti SIOMA yang dibuat dengan sistem online,” kata Asisten Deputi Koordinasi dan Pemantauan Pelayanan Publik Wilayah II KemenPAN-RB Jeffrey Muller di Mataram, Kamis.

Karena itu, KemenPAN-RB menilai Polres Mataram merupakan salah satu dari 59 Polres yang memberikan pelayanan publik terbaik di tingkat nasional.

“Inilah yang kita lihat, berkat usaha keras dari teman-teman Polres, hasilnya dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ucapnya.

Penilaian itu, kata dia, dilihat dari sistem pelayanannya, SDM, maupun sarana dan prasarana pendukung yang disajikan Polres Mataram bagi masyarakat.

“Ini yang kita lihat secara utuh,” kata Jeffrey.

SIOMA (SIM Order Mataram) adalah salah satu bentuk aplikasi pelayanan publik yang ditawarkan Polres Mataram untuk melayani masyarakat dalam perpanjangan SIM. Aplikasi ini dapat dengan mudah di akses masyarakat, khususnya bagi pengguna telefon genggam berbasis android.

“Jadi aplikasi ini tidak terbatas untuk masyarakat di Kota Mataram saja, masyarakat yang berasal dari luar kota juga bisa mengaksesnya disini,” ujarnya.

Lebih lanjut, hasil evaluasi dalam kunjungannya akan diolah kembali di Jakarta dan selanjutnya akan dilaporkan secara berjenjang kepada Kapolri melalui Asisten Perencana (Asrena) Polri.

“Nantinya kita juga akan persentasikan hasilnya dan para kapolres akan dipanggil untuk melihat hasil evaluasinya,” kata Jeffrey. ant

Komentar Anda