Bibit Ayam KUB Sumber Perekonomian Baru Masyarakat Lombok Tengah

195
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Wakil Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri berharap, ternak ayam Kampung Unggulan Balitbangtan (KUB) yang diberikan kepada para peternak ayam bisa jadi sumber ekonomi baru masyarakat.

Hal itu disampaikan saat Balitbangtan Provinsi NTB memberian bantuan berupa indukan ayam Kampung Ungggulan kepada sejumlah kelompok ternak yang berada di Desa Tanak Rarang Kecamatan Praya Barat Kabupten Lombok Tengah, Rabu (04/12/2019).

Pathul Bahri berterimakasih kepada Balitbangtan Provinsi NTB yang telah memperhatikan para peternak dengan memberikan perogram pengembangan model pembibitan ayam Kampung Unggulan Balitbangtan (KUB).

“Bantun berupa bibit dan induk ayam KUB ini patut kita syukuri. Saya minta kepada peternak agar menjaga kembangkan bantuan itu sebagai peningkatan perekonomian,” kata dia.

Wabup juga mengungkapkan, pemeliharaan ayam kampung sudah merupakan kebiasaan masyarakat namun sistem pemeliharaanya masih dilakukan secara tradisional.

Loading...

Dengan hadirnya sistem pembibitan, Wabup Pathul berharap permintaan ayam kampung terus mengalami peningkatan terutama kebutuhan kuliner, sehingga memberi peluang yang besar untuk pengembangan usaha pembesaran ayam kampung.

Dia berharap, masyarkat penerima bantuan tersebut akan menjadi pengusaha mandiri yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri sehingga secara otomatis perekonomian akan meningkat.

“Mudah mudahan dengan adanya bantuan bibit dan induk ayam KUB dari Balitbangta Provinsi NTB mampu menciptakan pengusaha-pengusaha mandiri yang baru,” ujar Pathul

Sementara itu, Kepala Balitbangta Provinsi NTB Dr. Ir. Awaludin Hipi, M.Si mengatakan penyerahaan bibit dan induk ayam KUB sebanyak 600 ekor yang terdiri dari 500 betina dan 100 jantan ini diharapkan mampu sebagai pelecut semangat masyarakat sebagai pengusaha ternak.

“Ayam KUB ini merupakan ayam unggulan yang banyak peminatnya jadi saya harapkan masyarakat untuk berani mencoba ternak ayam KUB sebagai sumber pendapatannya,” pintanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Lombok Tengah, L Iskandar mengatakan program ini merupakan program awal yang di berikan Balitbangtan Provinsi NTB kepada masyarakat Desa Tanak Rarang. Dengan demikian, tahun depan Pemkab Loteng melalui Dinas Peternakan dan Pertanian akan melanjutkan program ini dengan menyebar luas kan bibit ayam KUB sebanyak 20.000 yang di anggarkan melalui APBD.

“Tahun depan kita suport lagi program ini dengan menyebarkan bibit ayam KUB dengan harapan terbentuknya lapangan usaha baru bagi masyarakat,” terang dia.

Acara itu dilanjutkan dengan penyerahan bibit padi dan kedelai secara simbolis kepada sejumlah kelompok peternak yang ada di Lombok Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Loteng, Ir L Iskandar, Kasdim 1620, Kapolsek Praya Barat AKP Sopuan Hadi SH, Kepala Desa Tanak Rarang serta para kelompok ternak desa Rarang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.