Bibit Kurma Ajwa Mulai Disemai di Taman Alqur’an

LOMBOKita – Pakar bioteknologi, Dr. Arief Budi Witarto, M.Eng saat ini tengah menjalankan proses pembibitan kurma ajwa atau kurma Nabi, yang juga akan ditanamnya di Taman Alquran, Sumbawa. Ini terlihat dari sejumlah foto yang dikirimkannya. Puluhan polybag berisi bibit kurma ajwa siap tanam.

“Sekarang usianya masih 6 bulan, masih terlalu kecil belum ditanam di tanah. Nanti setelah 2 tahun baru ditanam, makin besar makin kuatlah dia,” jelasnya Jumat, 25 Agustus 2017.

Koleksi tanaman kurma yang telah dibibitkan dosen Universitas Teknologi Sumbawa ini mencapai 20 tanaman. Ia bekerja sama dengan mahasiswanya menargetkan 50 tanaman. Selain Ajwa, bibit kurma yang dimilikinya adalah bibit kurma Deglet Noor asal Tunisia, yang daging buahnya manis dan tebal.

Seperti disampaikan Pendiri UTS, Dr. H. Zulkieflimansyah baru-baru ini, kurma yang ditanam Arief hampir dipastikan dapat berbuah. Sebab, ia telah berhasil menentukan jenis kelamin tiap bibit yang akan ditanam, jantan atau betina. Menggunakan teknik genetik, hanya dengan mengecek daun kurma ia mampu mengembangkan teknik untuk memastikan jenis kelaminnya.

“Ini penting, tanaman kurma tidak bisa berbuah kalau tanaman jantan dan betina tidak bertemu. Karena tidak bisa terjadi pembuahan,” jelas Arief.

Tidak hanya rasanya yang manis, kurma ajwa sudah terkenal sebagai kurma yang sangat berkhasiat. Karena bibitnya pun ditanam langsung oleh baginda Rasulullah SAW. Harga jualnya pun jauh lebih mahal dari kurma jenis lain, bisa mencapai Rp 350 ribu per kilogram.

Memiliki kandungan vitamin B1, E, B6, B12, C, K, dan A, serta kandungan segudang mineral, berikut beberapa khasiat kurma Ajwa dilansir dari khasiat.co.id.

1. Mencegah penuaan dini
Khasiat kurma ajwa yang pertama yaitu sebagai buah yang bisa mencegah penuaan dini. Jika ingin tampak lebih muda, Anda bisa mengonsumsi buah ini secara teratur agar terlihat lebih awet muda.

2. Menambah energi
Khasiat kurma ajwa yang berikutnya yaitu sumber makanan berenergi untuk tubuh. Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen dengan bahan kimia lainnya. Cukup dengan mengonsumsi buah ini dengan teratur.

3. Anti Hipertensi
Khasiat kurma ajwa yang satu ini cocok untuk penderita hipertensi. Buah ini jika dikonsumsi setiap hari akan membantu tubuh Anda dalam mengontrol tekanan darah tinggi. Keseimbangan tekanan darah pun bisa Anda peroleh dengan sehat.

4. Mencegah stroke dan kanker
Kurma ajwa berkhasiat mencegah penyakit stroke dan kanker, ini karena kandungan buahnya mampu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah terbentuknya sel kanker.


Satu Hektar Lahan Mulai Ditanami Pohon Kurma di Sumbawa

Soal Rencana Bang Zul Budidayakan Kurma di NTB, Begini Penjelasan Pakar

Konsumsi kurma Ajwa juga bisa mengobati gangguan sistem pencernaan, berfungsi sebagai anti oksidan, menyehatkan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, dan segudang khasiat lainnya.

Dalam salah satu hadits Bukhari Muslim, diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda. “Barang siapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”. Demikian dilansir dari almanhaj.or.id. (*)

Komentar Anda