BMKG Pasang Alat Deteksi Dini Gempa di Kantor Bupati Loteng

15
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Mataram memiliki tugas dan kewajiban dalam menyediakan informasi gempa dan peringatan dini tsunami.

Salah satu implementasi dari tugas dan kewajiban tersebut, BMKG melaksanakan kegiatan pemasangan alat penyebarluasan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami yaitu Warning Receiver System (WRS) di berbagai wilayah rawan gempa dan tsunami di NTB, termasuk di Kantor Bupati Lombok Tengah.

“Jumlah alat yang dipasang di wilayah Provinsi NTB sebanyak 12 lokasi yang tersebar di Pulau Lombok 8 lokasi dan salan satunya di kantor Bupati Loteng dan di kantor ITDC KEK Mandalika Resort,” ungkap Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi saat memberikan penjelasan cara kerja WRS NewsGen di kantor Bupati Lombok Tengah, Rabu (17/6).

Dijelaskan Ardhianto, WRS generasi terbaru yang tentu saja menggunakan teknologi terbaru ini memiliki nama baru yaitu “WRS NewGen” yang berbeda dengan WRS sebelumnya. WRS NewGen merupakan terobosan baru BMKG dalam penyebarluasan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami, yang memberikan informasi gempabumi secara lebih cepat karena bersifat “real time” otomatis dari BMKG.

Percepatan penyebarluasan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami ini, memastikan stakeholderdapat mengambil langkah penting selanjutnya secara cepat dalam penanganan bencana, sehingga memberikan manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat dari bencana.

Loading...

WRS NewGen dapat menyajikan informasi dalam waktu kurang dari 3 menit, bahkan bisa dalam waktu 2 menit setelah terjadi gempabumi. Karena informasi ini bersifat realtime sehingga meskipun parameternya bersifat sementara.

“Alat ini dapat digunakan oleh pemangku kebencanaan untuk segera mengambil respon cepat. Seperti melakukan langkah-langkah upaya mitigasi sehingga diharapkan dapat mengurangi korban jiwa dan dampak gempa lainnya secara dini,” jelasnya.

Dengan terpasangnya WRS NewGen, pihaknya harapkan dapat meningkatkan performa penyebarluasan informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami dari BMKG Pusat Jakarta ke kantor unit pelaksana teknis BMKG, Pemerintah Daerah, Lembaga/Kemeterian, Media, dan lembaga lain yang terkait penanganan bencana.

“Harapan kita dengan adanya percepatan penyebarluasan informasi gempabumi dan peringatan dini tsunami ini, maka akan dapat mempercepat respon dalam penanganan bencana, sehingga dapat memberikan manfaat nyata dalam menyelamatkan masyarakat Indonesia dari bencana,” harapnya.

Sementara, Kepala BPBD Loteng, Murdi menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada BMKG yang sudah memberikan bantuan alat ini dan dapat meminalisir kejadian korban jiwa saat gempa.

“Alat ini bisa memberikan kita informasi awal, kalau terjadi Gempa,” tuturnya.

Untuk itu tambah Murdi, dengan alat ini pemerintah Loteng bisa mendapatkan informasi lebih awal terjadinya gempa dan dapat dijadikan kebijakan dalam mengambil tindakan saat terjadi gempa dan tsunami seperti langkah evakuasi maupun metigasi.

“Kami (Pemda) Loteng dan BMKG siap hadapi bencana gempa bumi dan tsunami,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.