Bosan Air Putih? Empat Minuman Ini Juga Cocok Bagi Penderita Diabetes

Gaya hidup dan pola makan sangat menentukan kualitas hidup penderita diabetes. Mulai dari rutin berolahraga sampai memilih makanan dan minuman yang tepat untuk mengontrol gula darah. Selama ini, banyak orang berpikir hanya air putih saja minuman yang paling aman untuk dikonsumsi saat mengalami diabetes.

Akibatnya banyak yang melanggar dengan mengonsumsi minuman yang mengandung gula tambahan karena bosan dengan air putih. Padahal masih banyak jenis minuman sehat yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Beberapa minuman berikut ini bisa dijadikan alternatif pilihan minuman sehat selain air putih bagi penderita diabetes.

“Infused Water”
Infused water merupakan salah satu jenis minuman yang sangat mudah dibuat. Caranya, masukkan beberapa potong buah, seperti lemon, stroberi, ketimun, atau daun mint, ke dalam air putih. Dengan menambahkan beberapa potong buah tersebut Anda bisa mendapatkan rasa air putih yang berbeda namun tetap rendah kalori. Anda tidak perlu khawatir bila ingin menjadikan infused water sebagai minuman sehari-hari.

Teh
Anda bisa menjadikan teh sebagai salah satu pilihan asupan cairan Anda. Disajikan panas atau dingin, apapun jenis tehnya, mulai dari teh hitam sampai teh hijau masih aman untuk Anda konsumsi. Namun jangan pernah menambahkan gula ke dalam teh Anda. Teh sangat baik untuk tubuh karena mengandung antioksidan yang dapat menghambat enzim peningkat gula darah. Selain itu, flavonoid yang ada dalam teh juga diketahui dapat mengontrol peradangan, meningkatkan kesehatan pembuluh darah, dan mencegah kerusakan arteri.

Jus Buah
Jus yang dimaksud di sini tentu saja jus yang beasal dari 100 persen buah asli tanpa tambahan gula. Beberapa buah memang mengandung kalori dan karbohidrat tetapi mereka juga memiliki banyak kandungan serat, vitamin, dan mineral. Namun, Anda tetap harus mengontrol jumlahnya saat mengonsumsi jus. Terlalu banyak mengonsumsi jus buah dapat menambah banyak kalori dalam tubuh Anda.

Susu Skim
Susu skim atau skim milk juga bisa Anda jadikan pilihan. Anda bisa menambahkannya ke dalam menu harian Anda. Secangkir susu skim mengandung 12 gram karbohidrat, 80 kalori, kalsium, dan vitamin D. Angka tersebut masih cukup aman untuk mengontrol gula darah Anda.

Komentar Anda