BPPD Lotim Gandeng Lambur Community Gelar Sembalun Explore

LOMBOKita – Sembalun, salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Daerah sejuk di bawah lereng Gunung Rinjani ini akan diekplorasi oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lotim dalam gelaran Sembalun Explore 2017.

Sembalun Explore akan dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 25-26 Nopember 2017.

Ketua BPPD Lombok Timur, Akhmad Roji mengatakan, Sembalun Explore yang akan digelar ini merupakan suatu proses eksplorasi seluruh potensi wisata yang ada di Sembalun. Mulai dari budaya alam dan semua potensi lainnya yang ada di pegunungan itu.

Bahkan, katanya, akan diberikan ruang kepada seluruh masyarakat Sembalun yang ingin ikutserta dalam mengambil peranan dalam acara. Bisa ikuti dalam kegiatan fotografi, Selfie ria di kawasan Sembalun.

“Akan ada pelatihan atau workshop dengan melibatkan pelaku wisata, pengelola, komunitas wisata dengan menghadirkan nara sumber yang kompeten mengembangkan pariwista. Akan luncurkan juga launching website dan sejumlah branding seperti #lomboktimur wow, #pesonalomboktimur, #bppdsembalunexplore dan lainnya,” kata Akhmad Roji.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur, Muhammad Juhad melalui Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dispar Lotim, Ahyak Mudin mengatakan, dilihat dari sisi kepariwisataan sangat rensponsif terhadap segala even promosi. Baik yang dilakukan oleh para penggiat wisata di desa wisata, kelompok sadar wisata ataupun komunity pariwisata di sejumlah tempat. Seperti Lambur komuniti, Lenek Fair, belanjakan dan sebagainya.

“Gelaran even BPPD dengan tema Sembalun Explore merupakan satu even bagus. Even ini menjadi bagian penting dari hasrat pemerintah daerah dalam mempropaganda Lotim sebagai destinasi alternatif di NTB,” katanya.

Dipilihnya Sembalun sebagai tempat even, kata Ahyak, karena wilayah ini merupakan destinasi yang sudah cukup dikenal wisatawa domestik dan mancanegara.

Harapannya event wisata yang ada digerakkan seluruh elemen masyarakat pencinta wisata dapat dongkrak kunjungan wisatawan ke Sembalun khususnya dan Lombok Timur umumnya. (asbar)

Komentar Anda