Bupati Angkat Oknum ASN Mantan Koruptor Jadi Plt Kalakhar BPBD

614
kali tampilan.

LOMBOKita –  ‎Oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Mantan koruptor atau korupsi diangkat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur, H.Lukmanul Hakim menggantikan Plt Framadi Anugerah Kartika oleh Bupati Lotim, HM.Sukiman Azmy.‎

sebelum jabat Plt Kalakhar BPBD, Lukman sebelumnya berkantor di Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Lotim.dan sempat menjabat kepala dunas Dukcapil pada masa kepemimpianan SUFi priode 2008 – 2013.

Hanya saja sempat tersangkut kasus saat menjabat Kadis Dukcapul dan di vonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor.

mantan Plt Kalakhar BPBD Lotim, Framadi AK saat dikonfirmasi.membenarkan dirinya telah di ganti, dan kembali menjadi Staf Ahli.

” Memang betul saya sejak tanggal 2 Oktober 2018 sudah tidak lagi menjabat sebagai Plt Kalakhar BPBD Lotim dengan digantikan pak H.Lukmanul,” ujar Framadi.

Oleh karena,lanjutnya pemberhentian dirinya menjadi Plt Kalakhar BPBD Lotim tentunya atas dasar SK Bupati Lotim. Sehingga dengan tidak menjabat lagi menjadi Kalakhar tersebut,maka dirinya kembali ke tempat semula.

” Saya kembali ke posisi semula menjadi staf ahli (Sahli),” katanya.

Ditempat terpisah juru bicara Pemkab Lotim, Ahmad Subhan menegaskan dirinya belum lihat dasar pengangkatan|perintah penugasannya. Sehingga belum bisa memberikan penjelasan.

Akan tapi intinya penempatan pejabat oleh Bupati selaku pejabat pembina kepegawaian adalah untuk mendukung kelancaran tugas-tugas kedinasan.

”  Nah saya belum lihat dasar pengangkatan|perintah penugasan,akan tapi dirinya mendengar mendapat perintah sebagai Plt,bukan pejabat definitif,” kata Subhan.

Sementara anggota DPRD Lotim dari Fraksi PKS, Ustaz Murnan meminta kepada Bupati Lotim agar dalam melakukan pengangkatan pejabat di Lotim untuk melihat kepatutan dan kelayakannya. Dengan tujuan agar kedepannya tidak menjadi persoalan nantinya.

“Silahkan saja Bupati mengangkat ASN jadi pejabat karena itu kewenangannya,tapi perlu diingat harus dilihat kepatutan dan kelayakan pejabat yang akan diangkat,” tegas Murnan.

Bupati Lotim, HM.Sukiman Azmy saat dikonfirmasi membenarkan pengangkatan H.Lukmanul Hakim jadi Plt Kalakhar BPBD Lotim,dengan alasan karena sekarang ini dirinya butuh orang yang tanggap,tangguh,trengginas dalam menghadapi kerja berat rekom dan rehab pasca gempa.

Tentu setiap diri ada plus minusnya positif dan negatifnya. Ketika aza manfaat lebih besar dari mudharatnya tentu saya ambil langkah terbaik untuk itu.

” Ada enggak personel ASN yang lebih baik gerakannya dari dia,” kata Bupati Lotim.

Sementara dikalangan para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lotim sangat menyayangkan kebijakan Bupati Lotim yang mengangangkat mantan koruptor menjadi Plt Kalakhar BPBD Lotim. Meski hanya statusnya sebagai Plt atau belum definitif,akan tapi kebijakannya sama dengan eselon II.‎

Begitu juga sebelumnya  sebelumnya dalam penyampaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Lotim di kantor DPRD Lotim dengan tegas mengatakan akan mengangkat pejabat yang memiliki kecakapan dan tidak tercela.

” Masih banyak pejabat di Lotim yang memiliki kecakapan dan tidak tercela yang bisa diangkat untuk menduduki jabatan tersebut,” kata para pejabat di Lotim yang enggan dikorankan namanya.

Sementara hasil pantauan media ini kalau di Lombok Timur masih terdapat sejumlah oknum pejabat ASN yang mantan kasus koruptor atau korupsi menduduki posisi penting di sejumlah OPD di Lotim. Seperti contoh di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Bawaslu Lotim dan sejumlah OPD lainnya.

Sementara dalam aturan terbaru dari pemerintah pusat terhadap perlakuan bagi para ASN yang terlibat dalam kasus korupsi telah mendapatkan keputusan ingkrah pengadilan harus dilakukan pemecatan.

Keterangan Foto Bupati Lotim,HM.Sukiman Azmy‎

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.