Bupati Lotim Hadiri Paripurna Penyampaian KUA PPAS Perubahan

275
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Rapat Paripurna XII Rapat ke I masa sidang III DPRD Kabupaten Lombok Timur dalam rangka pembahasan dan penetapan terhadap Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plapon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan tahun 2019, dilaksanakan Kamis (04/7) di ruang rapat DPRD Kab.Lombok Timur.
Rapat dipimpin Ketua DPRD Lotim, Raden Rahardian Soedjono dan dihadiri langsung Bupati Lombok Timur H.M.Sukiman Azmy.

Dalam sambutannya Bupati Lotim, H.M.Sukiman Azmy menyampaikan penjelasan terhadap KUA-PPAS perubahan tahun 2019 diantaranya, Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2018 tentang pedoman penyusunan APBD Tahun 2019, Pemerintah Daerah telah secara maksimal mengikuti prinsip-prinsip penyusunannya antara lain bahwa APBD disusun:

1. Sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.
2. Tertib, taat pada ketentuan peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis efektif, bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatutan dan manfaat untuk masyarakat.
3. Tepat waktu, sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.
4. Transparan, untuk memudahkan masyarakat mengetahui dan mendapatkan akses informasi seluas-luasnya tentang APBD.
5. Artisipatif, dengan melibatkan masyarakat.
6. Tidak bertentangan dengan kepentingan umum, peraturan perundang- undangan yang lebih tinggi dan peraturan daerah lainnya.

Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Tahun 2019 yang disusun, mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah, sebagaimana diubah dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 tahun 2007 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

Kedua dasar hukum ini dijabarkan secara khusus dan lebih rinci dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2019. Permendagri ini merupakan dasar bagi penyusunan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2019 beserta Perubahannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.