Bupati Lotim Hadiri Paripurna Penyampaian KUA PPAS Perubahan

297
kali tampilan.
Loading...

Memperhatikan ketentuan-ketentuan tersebut serta menyikapi perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu satu semester pelaksanaan APBD 2019, maka dalam menyusun Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafond Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Tahun 2019 ini, pemerintah daerah telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan APBD 2019 selama satu semester tentunya dalam rangka mendukung capaian-capaian indikator program dan memenuhi target capaian kinerja sampai berakhirnya Tahun Anggaran 2019.

Pada Perubahan Anggaran Tahun 2019, dengan perkiraan jumlah pendapatan yang mengalami penyesuaian pada beberapa komponen pendapatan, dan penyesuaian pada sisi belanja, maka kebijakan anggaran akan tetap mengacu pada beberapa bidang dengan pencapaian indikator yang belum sesuai dengan harapan, terutama pada bidang-bidang prioritas daerah.

Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafond Anggaran Sementara Perubahan Tahun 2019 yang disusun, adalah merupakan implementasi dari agenda RPJMD Kabupaten Lombok Timur Tahun 2018-2023, sebagai penjabaran dari Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur periode 2018-2023 dengan prioritas pembangunan pada tahun 2019 adalah :

1. Pembangunan akses dan kualitas Infrastruktur wilayah secara berimbang pada bidang transportasi, energi, irigasi, air bersih, sanitasi, dan perumahan dan penguatan mitigasi bencana.
2. Pembangunan kualitas layanan dasar (Pendidikan dan Kesehatan) dan Penaggulangan kemiskinan.
3. Nilai tambah produktivitas pertanian, investasi, pariwisata dan ketenagakerjaan.
4. Daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.
5. Pelayanan Publik, ketentraman dan ketertiban sosial.

Apabila kita simak lebih jauh, terkait dengan sinkronisasi kebijakan Pusat dan Daerah dalam petunjuk penyusunan APBD 2019. maka terdapat 5 (lima) prioritas pembangunan nasional yang harus didukung oleh pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota yang tentunya disesuaikan dengan potensi dan kondisi masing-masing daerah yang dituangkan dalam RKPD, yang meliputi:

Loading...

1. Pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar.
2. Pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui penguatan konektivitas dan kemaritiman.
3. Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produktif.
4. Pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumber daya air melalui pelestarian lingkungan.
5. Stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.