Bupati Lotim Minta Kades Harus Pandai Kelola Dana Desa

50
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Bupati Lombok Timur, HM.Sukiman Azmy meminta kepada semua kepala desa di Lotim harus pandai-pandai mengelola dana desa.Apalagi saat ini sebanyak 178 kepada desa merupakan orang baru yang tentunya membutuhkan pemahaman dalam pengelolaan dana desa yang baik.

” Kades harus pandai kelola dana desa secara baik dan sesuai dengan aturan yang ada,” tegas Sukiman dalam sambutannya saat membuka kegiatan yang dihadiri ratusan kades di Balroom lantai dua kantor Bupati Lotim,Rabu (27|2).

Ia juga mengatakan ‎pejabatnya baru hasil pillades serentak atau sebanyak 178 desa. Sehingga masih memerlukan pemahaman dalam rangka pengelolaan keuangan desa. Sehingga diharapkan para Camat dan kepala desa, secara tekun mengikuti kegiatan ini sehingga ada pemahaman bersama dalam rangka pengelolan dana desa.

Sementara di Lotim terdapat  lima  kepala desa di Lombok Timur yang berurusan dengan penegak hukum, karena beberapa kasus pelanggaran. Apalagi kalau sudah berhadapan dengan persoalan hukum, merupakan hal yang tidak mengenakkan, semua akan menjauh, harga diri juga hancur. Belum ditambah dengan nama baik keluarga yang dipertaruhkan.

” Seorang  yang sudah diperkarakan di ranah hukum, akan mengalami beban psikologis yang berat, tidak hanya berdampak pada diri sendiri. Namun juga berpengaruh pada keluarga,” ujarnya.

Sementara itu lanjut Mantan Dandim 1615 Lotim, Ketentuan pengelolaan dana desa sudah jelas, karena itulah, semua rambu-rambu yang sudah ditetapkan itu harus dilaksanakan dengan baik. Karena kalau sudah demikian, maka persoalan yang akan menjerat kepala desa dalam proses hukum yang tidak diinginkan itu bisa dihindari.

” Saya harapkan jangan ada lagi Kepala Desa, Camat maupun aparat Pemda yang lain bersentuhan dengan hukum,tapi hendaknya lakukan sistem dengan normal-normal saja lakukan aturan dengan transparansi dan akuntabele,” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.