Bupati Melepas Jamaah Haji Lombok Barat Penuh Haru

Fauzan Khalid
Bupati Lombok Barat - Fauzan Khalid

LOMBOKita – Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid melepas 449 dari 644 jamaah calon haji dari kabupaten itu, Rabu, untuk diberangkatkan menunaikan rukun Islam ke-5 di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

“Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kembali ke Tanah Air dengan sehat,” kata Fauzan, di hadapan ratusan jemaah calon haji.

Suasana pelepasan jamaah calon haji di Bencingah Agung, Kantor Bupati Lombok Barat, diwarnai suasana haru dan isak tangis kerabat.

Peluk cium, dan isak tangis serta suara doa dari para keluarga mengiringi keberangkatan 449 para jamaah calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) empat tersebut.

Bupati yang akrab disapa Ojan ini juga berpesan agar para jamaah dapat saling menjaga kekompakan dan kebersamaan.

“Jangan saling cuek sesama jamaah haji. Untuk yang masih sehat dan juga memiliki tenaga yang kuat dapat membantu yang kurang sehat. Untuk para tenaga kesehatan, tolong agar lebih memperhatikan kesehatan para jamaah,” katanya berpesan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat H Muslim, menyebutkan sebanyak 644 jamaah calon haji yang diberangkatkan pada 2017 merupakan bagian dari 13.645 daftar tunggu di Kabupaten Lombok Barat.

Namun, dari total 644 orang jemaah calon haji itu, terjadi mutasi atau pindah berangkat, baik yang masuk maupun keluar dari daerah lain, sehingga total jamaah yang berangkat sebanyak 639 orang.

Sebanyak 639 jamaah tersebut diberangkatkan dalam tiga tahap. Untuk pemberangkatan tahap pertama seharusnya berjumlah 455 orang, ditambah 5 orang petugas haji.

Namun karena ada satu jamaah yang mengalami gangguan kesehatan, sehingga total yang diberangkatkan sebanyak 449 orang.

“Sisa jamaah selanjutnya yang masuk dalam kloter 10 atau kloter campuran akan diberangkatkan pada 24 Agustus 2017,” katanya.

Komentar Anda