Bupati Suhaili Dukung Pemprov NTB Tutup Tambang Emas Prabu

687
kali tampilan.
Bupati Lombok Tengah HM Suhaili Fadil Tohir
Loading...

LOMBOKita – Bupati Lombok Tengah HM Suhaili Fadil Tohir mendukung sepenuhnya upaya pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk menutup lokasi tambang emas di Gunung Prabu Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

“Kita dukung sepenuhnya Pemerintah Provinsi NTB menutup tambang emas Prabu,” tegas Bupati Suhaili FT di bencingah Adiguna Praya, Jumat (2/8/2019).

Menurut Bupati, lokasi tambang emas Gunung Prabu sangat dekat dengan kawasan wisata Mandalika yang saat ini menjadi salah satu obyek wisata yang sedang dikembangkan oleh pemerintah melalui BUMN PT Indonesian Tourism Development Coorporation (ITDC).

Kabupaten Lombok Tengah yang mengusung tema pembangunan ATM (Agri, Tourism and Marine), tegas Bupati, harus tetap dijalankan meski potensi untuk Mining (penambangan) sangat besar di bagian selatan daerah Tatas Tuhu Trasna (Tastura) itu.

“Sebenarnya, M dari akronim ATM itu juga bisa Mining (tambang), tapi itu sengaja kita sembunyikan karena memang kita tidak setuju ada penambangan, apalagi dilakukan secara besar-besaran. Tidak boleh terjadi,” tegas Bupati berkali-kali.

Loading...

Karena itu, Bupati Lombok Tengah dua periode itu tidak menginginkan adaya rencana penambangan yang lebih besar dengan melibatkan investor asing di gunung Prabu setelah rencana penutupan yang dilakukan oleh pemerintah provinsi NTB, seperti yang digemborkan selama ini. Rumor yang merebak saat ini, bahwa pemerintah provinsi NTB berkeinginan menutup tambang embas Gunung Prabu karena akan menggaet investor asal Rusia untuk melakukan penambangan secara besar-besaran.

“Kalau itu benar, kami akan melawan. Kita telah sepakat untuk menutup tambang. Maka tidak boleh lagi ada penambangan. Kita tutup rapat-rapat. Yang perlu dipikirkan sekarang ini adalah bagaimana mencarikan masyarakat pekerjaan setelah tambang itu ditutup, bukan malah mencarikan peluang untuk masuknya investor asing untuk menambang,” sinis Bupati.

“Apalagi investor Rusia yang namanya Viktor sudah cukup lama saya kenal, sekitar lima tahunan. Dia (Viktor) pernah mengusulkan agar diberikan izin menambang, tapi saya tolak,” imbuh Bupati yang juga Ketua DPD Golkar NTB itu.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. Zulkieflimansyah mengharapkan agar Gunung Prabu Lombok Tengah bisa segera ditata dengan baik agar aktivitas tambang tidak mengganggu kawasan pariwisata di KEK Mandalika mau sekitarnya.

“Potensi tambangnya ada dan mungkin saja besar, tapi kita sdh memilih utk mengembangkan pariwisata, bukan pertambangan,” tulis Gubernur di akun media sosialnya.

Pada postingan sebelumnya juga, gubernur memuat kunjungannya ke Gunung Prabu dan menyebut sedang menyaksikan kerusakan lingkungan yang diakibatkan adanya penambangan liar.

“Sudah saatnya kita menghentikan penambangan liar tanpa ijin ini krn memang selain merusak keindahan alam juga sangat berbahaya bagi kelestarian lingkungan kita”.

Berikut catatan Gubernur NTB di akun media sosial pribadinya:
Mudah2an bisa segera di tata agar tak mengganggu pariwisata kita.
Potensi tambangnya ada dan mungkin saja besar tapi kita sdh memilih utk mengembangkan pariwisata, bukan pertambangan.

Saudara2 kita Penambang2 liar harus di sosialisasikan bahaya penambangan liar ini bagi lingkungan dan potensinya merusak kehidupan dalam jangka panjang..

Melarang satu hal, tapi Pada saat yg sama kita mesti juga memikirkan pekerjaan dan lapangan kerja bagi mereka sehingga masyarakat dilarang tapi punya alternatif yg lebih baik..ayo ITDC dll kita bekerjasama utk persoalan ini.

Jangan kembangkan isyu bahwa kita menertibkan Bukit Prabu krn ada investor Rusia atau yg lain mau masuk. Nggak bisa. Pemda Loteng dan Pemda Provinsi sdh sepakat Bukit Prabu dan Loteng tertutup utk pertambangan…
Sederhana saja.

1 KOMENTAR

  1. Saya dukung 100% atas pnutupan tambang emas gunung prabu, karna efekx akn mrusak keindahan alam lombok slatan yg trknl indah
    Jngn smpe keindahan ini rusak gara2 pnambang emas

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.