Butuh Modal? Cuma Modal HP, Foto dan KTP, Uang Anda Terima. Begini Caranya!

64
kali tampilan.
Ilustrasi menghitung bunga pinjaman online / foto: mozo.com.au
Loading...

LOMBOKita – Saat ini, menggunakan layanan KTA online memang sangat jauh lebih mudah daripada meminjam di perbankan. Hanya bermodalkan telepon genggam, foto dan KTP sudah bisa mendapatkan pinjaman.

Namun karena lebih mudah, besaran bunga pinjaman pun menjadi lebih besar daripada bunga cicilan dari perbankan.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan lengkap seputar bunga pinjaman online berikut ini:

Jumlah Bunga Pinjaman Online

Foto illustrasi / (foto: mozo.com.au)

Bunga pinjaman online biasanya lebih besar dari perbankan. Hal ini karena pinjol dihitung berdasarkan bunga harian. Itulah mengapa Pinjol baik bagi yang membutuhkan dana dalam waktu singkat dan dapat dikembalikan dengan cepat. Semakin lama tenor pinjol yang diambil, maka pokok pinjaman yang harus dibayar semakin besar karena ditambah dengan bunga simpanan.

Loading...

Selain itu, sebelumnya banyak pinjol di Indonesia yang mematok bunga lebih besar dari 1% per hari yang pastinya memberatkan peminjam. Artinya, saat Anda meminjam dalam waktu satu bulan saja beban bunga pinjamannya sudah mencapai 30%.

Meskipun demikian, di Indonesia memang tidak ada aturan mengenai besaran suku bunga simpanan yang harus diterapkan pinjol. Hal inilah yang membuat, OJK mematok bunga pinjaman online terbaik tidak boleh lebih dari 0,8% per hari.

Walaupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak mengatur batas besaran bunga simpanan online, namun besaran bunga pinjaman ini termasuk bagian dari kode etik yang disusun oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Jika ada perusahaan pinjol yang menetapkan bunga pinjaman melebihi 0,8%, Anda bisa langsung mengadukannya kepada OJK.

Biaya-Biaya Administrasi yang Ditetapkan

Umumnya pinjol juga menetapkan beberapa biaya lainnya, seperti biaya provisi, biaya administrasi, biaya layanan, dan biaya keterlambatan. Rata-rata besaran biaya tersebut sebagai berikut:
a. Biaya provisi sebesar 5-8% dari jumlah pinjaman
b. Biaya administrasi 1% dari total jumlah pinjaman
c. Biaya layanan 1% dari total jumlah pinjaman
d. Biaya keterlambatan 1-3% yang disesuaikan dengan jumlah hari keterlambatan. Apabila telat membayar selama 1-7 hari, maka akan dikenakan denda 1% dan bila keterlambatan mencapai 14 hari akan terkena denda 2%.

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Online

Besaran bunga pinjaman online akan lebih besar untuk tenor pinjaman 30 hari, yaitu sekitar 1% perhari sehingga dalam 1 bulan menjadi 30%. Jika masa tenor pinjaman lebih dari 30 hari, yaitu 3, 6, atau 12 bulan, bunga yang ditetapkan biasanya sekitar 3-8%.

Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel

Inilah contoh hitungan bunga pinjaman online:
a. Apabila Anda meminjam uang jumlah Rp. 4.000.000 untuk masa tenor pinjaman 4 bulan, maka dana yang akan Anda terima tidak akan utuh karena akan dipotong oleh berbagai biaya. Meliputi biaya provisi sekitar 6% (Rp. 240.000), potongan biaya administrasi 1% (Rp. 40.000) dan biaya layanan 1% (Rp. 40.000). Artinya total pinjaman akan dikurangi Rp. 320.000 dan Anda hanya akan menerima uang Rp. 3.680.000.
b. Jika bunga pinjaman sebesar 6% per bulan, maka total utang yang harus Anda bayarkan adalah Rp. 4.000.000 + (6% x 4 bulan) sehingga total utang Rp. 4.960.000. Dengan jumlah ini dibagi masa tenor pinjaman selama 4 bulan, maka perbulannya cicilan yang harus Anda bayar adalah Rp. 1.240.000.

Namun, bila terlambat membayar setiap bulannya, maka jumlah yang harus Anda bayarkan akan bertambah karena biaya denda keterlambatan. Besar biaya utang yang harus dibayarkan tersebut akan membebani Anda.

Oleh karena itu, Anda harus hati-hati dalam memilih pinjaman melalui platform online. Pilihlah pinjaman online terbaik seperti Tunaiku. Pinjaman online Tunaiku hanya menawarkan bunga sebesar 3%. Tunaiku juga menawarkan pinjaman tanpa agunan, tidak mengenakan biaya provisi dan biaya pelunasan yang dipercepat.

Tunaiku hanya memberikan biaya administrasi Rp. 540.000, yang pembayarannya digabungkan dengan cicilan. Dengan segala kemudahan ini maka tidak salah Tunaiku merupakan pinjaman online terbaik di Indonesia. Anda bisa menggunakan Tunaiku untuk berbagai kebutuhan terkait keuangan. Jadi, yuk download aplikasi Tunaiku sekarang juga!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.