Caleg PDIP Lotim Laporkan Oknum KPPS Tiga Desa Ke Bawaslu

967
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Caleg DPRD Lombok Timur Dapil V Dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Asri Mardianto mendatangi Kantor Bawaslu, Sabtu (20/4).

Kedatangan Asri Mardianto itu untuk melaporkan oknum KPPS di tiga desa di Kecamatan Sambelia yang diduga melakukan “permainan” dalam proses perhitungan suara di tingkat KPPS.

“Saya melaporkan oknum KPPS di tiga Desa Wilayah Kecamatan Sambelia ke Bawaslu Lotim, terkait indikasi kecurangan,” tegas Asri Mardianto di Kantor Bawaslu Lotim.

Ia menjelaskan laporan yang diadukan ke Bawaslu tersebut terutama terkait jumlah rekapitulasi hasil perolehan suara Caleg di tingkat TPS.

Dalam rekapitulasi itu ada Caleg dari partai lain memperoleh suara banyak. Namun setelah hasil rekapitulasi di TPS dibawa ke PPS untuk direkap di tingkat PPK, angkanya justru Caleg yang memperoleh suara banyak ini tidak ada perolehannya, melainkan masuk ke Caleg lainnya suaranya saat perekapan tersebut.

“ Aneh kan, kenapa Caleg yang mendapatkan suara banyak di TPS itu, kok di formulir yang dibawa ke PPS itu kok suaranya Caleg ini tidak ada, dengan diduga berpindah ke Caleg lainnya, sehingga harus diusut oleh Bawaslu,” ujarnya.

Selain itu, dalam tulisan di formulir C1 itu ditimpah penulisannya, begitu juga hasilnya perhitungan tidak diperbolehkan masyarakat untuk mengambil dokumentasinya selain petugas.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lotim, Retno Sirnopati saat dikonfirmasi membenarkan telah menerima laporan dan pengaduan yang dilakukan salah satu Caleg dari PDIP Lotim.

“Betul kami telah terima laporan dari Caleg PDIP Lotim,” singkat Retno.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.