Cegah Corona, Bandara Lombok Terapkan Layanan Customer Service Online

108
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Bandara Internasional Lombok terus memperkuat komitmennya dalam melakukan pencegahan penyebaran virus corona. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan menerapkan layanan customer service online.

Customer service online itu, menurut General Manager Bandara Lombok, Nugroho Jati, adalah memindahkan petugas customer service yang semula berada di konter customer service yang bersentuhan langsung dengan pengguna jasa bandara menjadi terpusat dan dikendalikan melalui Airport Operation Command Center (AOCC) Bandara Lombok.

Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel

“Inovasi ini merupakan bagian dari implementasi social distancing, yaitu menjaga jarak minimal satu meter antara petugas bandara dan pengguna jasa untuk mencegah penyebaran virus corona. Para petugas customer service tetap melayani para penumpang secara langsung namun tetap aman,” ujar General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati.

Dijelaskan Nugroho Jati, interaksi antara pengguna jasa dengan petugas customer service dilakukan melalui layar monitor yang disediakan.

“Jika penumpang ingin bertanya, cukup dengan menyapa petugas yang ada di layar. Nanti petugas akan segera membalas dan menjawab pertanyaan dari para penumpang,” jelas Nugroho Jati.

Loading...

Dalam pelaksanaannya, di tahap awal masih ada pemantauan oleh petugas customer service bergerak (mobile) untuk mengantisipasi para pengguna jasa yang belum terbiasa dengan sistem ini. Inovasi ini rencananya diterapkan selama masa tanggap darurat corona berlangsung.

Tentang Bandara Internasional Lombok
Bandara Internasional Lombok (BIL) merupakan satu dari 15 bandar udara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero), salah satu BUMN pengelola bandar udara di Indonesia. BIL yang berada di Kabupaten Lombok Tengah, NTB ini mulai beroperasi pada 1 Oktober 2011, menggantikan Bandar Udara Selaparang di Kota Mataram yang ditutup pada 30 September 2011.

BIL yang diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 20 Oktober 2011 ini memiliki terminal penumpang berkapasitas 3,2 juta penumpang per tahun dan landas pacu (runway) sepanjang 2.750 meter. Pada tahun 2019 lalu, BIL melayani 2,9 juta penumpang. Tahun 2020 ini BIL akan dikembangkan dengan memperluas terminal penumpang sehingga dapat melayani 4,7 juta penumpang per tahun dan memperpanjang landas pacu menjadi 3.500 meter. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara sekaligus menyambut gelaran MotoGP 2021 serta mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Informasi tentang Bandara Internasional Lombok dapat dilihat di www.lombok-airport.co.id, Instagram: @lombokairport, Twitter: @lia_ap1, dan Youtube: www.youtube.com/lombokairport.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.