Cegah Corona, Pemuda Desa Lembuak Perketat Kunjungan Warga Luar

148
kali tampilan.
Pemuda Desa Lembuak menyemprot warga luar yang hendak masuk / foto: Lalu Pangkat Ali
Loading...

LOMBOKita – Para pemuda di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat (Lobar) memperketat kunjungan tamu atau warga luar yang berkunjung ke dusunnya. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Di Dusun Lembuak Kebon misalnya, para pemuda yang tergabung dalam karang taruna, membangun sebuah posko pemeriksaan. Posko dilengkapi dengan tempat cuci tangan, sabun, hand sanitizer dan lainnya.

Untuk mengatur arus keluar masuk warga, para pemuda bersama perangkat dusun juga mendirikan sebuah portal. Mereka juga melakuakn edukasi dengan memasang spanduk informasi terkait corona.

“Untuk pengawasan, para tamu luar diwajibkan untuk melapor 1 x 24 jam ke perangkat dusun. Kunjungan juga kami batasi sampai jam 10 malam. Portal ditutup jam 12 malam,” terang Yadi, Ketua Karang Taruna Lembuak Kebon, Sabtu (4/4/2020).

Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel
Kata Yadi, pengawasan tersebut dilakukan para pemuda secara bergantian (piket). Piket dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari. Piket dilakukan untuk pengawasan dan menjaga kebaikan bersama.

Loading...

“Setiap shift ada tiga orang. Tapi kita tidak melarang siapa saja yang berkesempatan untuk ikut serta. Alhamdulillah semua pemuda di sini saling support,” kata Yadi seraya menambahkan, masyarakat juga kooperatif, karena mungkin sudah paham dengan kondisi saat ini.

Pemandangan yang sama juga terlihat di Dusun Lembuak Timur. Para pemuda juga melakukan hal serupa dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di wilayahnya. Namun sedikit berbeda dengan Dusun Lembuak Kebon. Di dusun ini, warga luar yang hendak berkunjung diharuskan memarkir kendaraannya di depan posko.

Warga luar yang hemdak berkunjung diharuskan mencuci tangan dulu. Demikia pula motor harus diparkir di depan posko. Pengendaranya harus jalan kaki ke rumah tujuan.

“Tadi motor disuruh parkir di posko. Tapi gapapa, kan buat kebaikan kita bersama,” ujar Ibu Mahda, warga Dusun Lembuak Mekar Indah.

Di NTB sendiri, dari data BPBD NTB tanggal 3 April 2020 diketahui ada delapan orang positif Covid-19. Di Lombok Barat sendiri sudah ada dua pasien dalam pengawasan (PDP), dan 71 orang dalam pemantauan (ODP).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.