LOMBOKita – Manchester City dengan cepat menyelesaikan pertandingan Liga Champions mereka saat melawan FC Basel setelah laga berlangsung selama 23 menit pada Selasa, menghancurkan juara Swiss itu dengan tiga gol cepat untuk membuka jalan terhadap kemenangan 4-0 mereka.

Ilkay Gundogan, Bernardo Silva, dan Sergio Aguero mencetak gol dalam rentang waktu sembilan menit pada pertandingan leg pertama 16 besar untuk memperpanjang penantian Basel untuk dapat tampil di perempat final untuk pertama kalinya di kompetisi elit ini.

Gundogan melepaskan tendangan melengkung untuk berbuah gol keempat dari tepi kotak penalti pada menit ke-53, ketika sang pemuncak klasemen Liga Inggris kembali mencatatkan kemenangan meyakinkan pada musim indah mereka.

Basel melakukan upaya terbaik untuk pertandingan ini dan menciptakan beberapa peluang, namun terlihat rapuh setiap kali City menyerang.

City, yang telah tiga kali kalah pada empat penampilan sebelumnya di fase ini di kompetisi, menikmati penguasaan bola dengan catatan 69 persen, meski hal itu masih di bawah standar mereka.

Meski skor menunjukkan perbedaan yang sangat besar, City mencatatkan 12 tembakan dan Basel 11 tembakan, dan klub Swiss itu semestinya dapat unggul terlebih dahulu.

Dimitri Oberlin berhasil melewati pertahanan City dan berusaha untuk menaklukkan Ederson ketika kiper asal Brazil itu keluar dari areanya, namun tidak memiliki kekuatan terhadap bola untuk membuat Kyle Walker mampu menyapunya dengan mudah.

Oberlin juga memiliki permohonan penalti yang ditolak ketika ia dijatuhkan Nicolas Otamendi.

Kenyataan memukul Basel pada menit ke-14 ketika Gundogan menaklukkan Fabian Frei untuk menyambut tendangan sudut Kevin de Bruyne dan menanduknya.

Empat menit berselang, Leo Lacroix gagal memotong umpan silang Raheem Sterling dan Silva yang tidak terkawal melepaskan sepakan cungkil melewati Tomas Vaclik, kemudian Aguero membukukan gol ketiga dari luar kotak penalti — tembakan ke gawang keempat City pada pertandingan ini.

Ederson melakukan penyelamatan nyata pertamanya pada menit ke-49, menahan tembakan jarak jauh Mohamed Elyounoussi, namun tidak lama berselang, Aguero menjadi pengumpan untuk Gundogan, yang melakukan satu sentuhan dan meletakkan tembakan cungkil menuju sudut jauh.

Vaclik yang brilian menggagalkan Gundogan mengukir trigol beberapa saat kemudian, namun meski demikian, leg kedua kelihatannya akan menjadi sekedar formalitas bagi pasukan Guardiola.

Komentar Anda