Dana Covid-19 Lotim Ditengarai jadi “Bancakan” Pejabat, KASTA NTB Melapor ke Kejati

162
kali tampilan.
Sejumlah pengurus LSM Kasta NTB usai melaporkan penggunaan dana Covid-19 Lombok Timur di Kejati NTB
Loading...

LOMBOKita – LSM Kajian dan Advokasi Sosial serta Transparansi Anggaran (KASTA) resmi memasukkan laporan ke Kejaksaan Tinggi NTB terkait dugaan penyalahgunaan dana Covid-19 yang bersumber dari APBD tahun 2020 di Dinas Kabupaten Lombok Timur, Kamis (19/11/2020).

Ketua Kasta NTB DPD Lombok Timur Daur Tasalsul mengatakan, laporan tersebut berdasarkan hasil temuan data dan fakta munculnya dugaan anggaran fiktif dan tidak tepat sasaran dan berpotensi menjadi “bancakan” oknum pejabat.

“Di beberapa item anggaran, kami menemukan adanya praktek bancakan anggaran karena ketidaksesuian penerima dan jumlahnya untuk insentif tim TRC di hampir seluruh kecamatan se Kabupaten Lombok Timur,” kata Daur Tasalsul.

Menurutnya, KASTA mensinyalir ada potensi dimainkan oknum yang tidak berhak mendapatkannya untuk kepentingan pribadi, sementara di pos-pos anggaran lain juga ditemukan fakta ketidaksesuaian laporan progres pekerjaan yang selalu dinyatakan mencapai 100 persen, padahal kegiatan yang menelan biaya hingga ratusan juta tersebut tidak ada sama sekali.

Loading...

Dari pos anggaran untuk insentif tim TRC saja, lanjutnya, KASTA menduga ada dana sejumlah Rp1,8 miliar yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

“Belum lagi pada program seperti rapid tes dan pengadaan APD yang juga kami sinyalir bermasalah, bahkan berpotensi difiktifkan,” tegas Daur Tasalsul.

Daur Tasalsul berharap, dengan laporan ke kejati NTB itu akan membuka borok penyalah gunaan dana penaggulangan covid-19 hasil dari rasionalisasi anggaran di APBD 2020 di banyak OPD lainnya di daerah Patuh Karya itu.

Zeinta Tour and Travel - Solusi Ke Baitullah
Zeinta Tour and Travel

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.