Penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Daerah antara PT SMI (Persero) dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah di Novotel Hotel, Kuta Kecamatan Pujut, Rabu (31/1/2018).

LOMBOKita – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah kembali meminjam dana pada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp79 miliar untuk pembangunan pasar Jelojok Kecamatan Kopang.

Kesepakatan pinjaman dana ini dilaksanakan dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Daerah antara PT SMI (Persero) dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah di Novotel Hotel, Kuta Kecamatan Pujut, Rabu (31/1/2018).

Direktur PT SMI, Agresius Kadiaman menjelaskan, Kabupaten Lombok Tengah kembali dipercaya mengambil dana di perusahaan plat merah itu karena tercatat sebagai daerah cukup baik dalam pengembalian dana.

“Hutang Lombok Tengah sebelumnya sebesar Rp90 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan sudah selesai, dengan rekam jejak pengembalian cukup baik, sehingga kami kembali memberikan dana pinjaman,” jelas Agresius Kadiaman.

Pinjaman kali ini, merupakan tahap kedua bagi Kabupaten Lombok Tengah untuk memperoleh dana pinjaman dari PT SMI, setelah sebelumnya meminjam dana untuk pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan.

“Kalau pinjaman yang lebih besar saja bisa dikembalikan dengan baik, apalagi sekarang yang nilainya lebih kecil. Kami sangat percaya kepada pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dibawah kepemimpinan Bupati HM Suhaili Fadil Tohir,” tandas Agresius yang saat itu didampingi Bupati Suhaili FT.

Agresius berharap, pemerintah daerah bisa memanfaatkan kepercayaan tersebut untuk upaya pembangunan daerah sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat serta lingkungan sekitar.

“Sebelum kami memberikan dana pinjaman, tentu kami juga melihat kapasitas fiskal kemampuan daerah tersebut sebagai bahan pertimbangan,” katanya.

Penggelontoran dana pinjaman itu pun, menurut Agresius, dilakukan secara bertahap tergantung pada progress pengerjaan proyek yang dihajatkan. Tahap berikutnya akan dicairkan lagi untuk keperluan kelanjutan pembangunan.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah HM Suhaili Fadil Tohir mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kepercayaan PT SMI memberikan dana pinjaman kepada Lombok Tengah pada tahap kedua ini.

Dana pinjaman yang diberikan selama ini, menurut Bupati, sangat berarti dan memberikan manfaat cukup besar bagi pembangunan daerah dan kemaslahatan bersama.

Setelah penandatanganan Perjanjian Pembiayaan Daerah antara PT SMI (Persero) dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah ini, kata Bupati, akan segera dilakukan proses dan diharapkan bisa eksen pada tahun ini sudah dimulai dan tahun 2019 mendatang bisa dimanfaatkan.

Pengembalian dana pinjaman ini, sebut Bupati, akan dicicil selama lima tahun. “Kita Siap mengembalikan dana dengan cara dicicil selama lima tahun,” kata Bupati.