LOMBOKita – Desa Waringin Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur disapu banjir, Minggu sore ((21/1/2018). Penyebabnya, tanggul irigasi subak Prapu Dusun Cengok jebol karena tidak mampu menahan debit air setelah daerah itu dilanda hujan cukup lebat.

Akibat banjir ini, lebih dari enam hektar lahan pertanian milik masyarakat yang sedang ditanami padi terendam banjir. Bahkan, jembatan penghubung yang baru antara Dusun Cengok Desa Waringin dengan Dames Damai terputus akibat tersapu air yang mengalir.

Camat Suralaga, H. Supriyadi menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, hanya lahan pertanian masyarakat yang terendam.

“Terjadinya banjir ini akibat saluran irigasi tidak mampu menahan air, sehingga menyebabkan jebol dan meluap ke lahan persawahan milik masyarakat,” kata Camat Suralaga.

Ia menjelaskan, dirinya juga sudah menginformasikan ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim terkait bencana banjir itu.

“Untung banjir tidak menggenangi rumah warga, tapi menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan segala kemungkinan yang ada,” himbau Supriyadi.

Kepala Bidang Kesiagaan dan Tanggap Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, Lalu Rusnan mengatakan, sudah memerintahkan anak buahnya untuk terjun ke lokasi banjir membantu masyarakat yang terkena musibah.

Namun begitu, situasi saat ini berdasarkan laporan yang ada sudah mulai surut, akibat adanya saluran irigasi masyarakat yang kapasitasnya tidak mampu menampung air yang mengalir, akibat terjadinya hujan yang turun dengan lebat.

“Saat ini anggotanya masih stanby di lokasi membantu masyarakat, karena dirinya saat ini sedang berada di luar daerah,” tandas Rusnan.