Di Lombok, Menteri Desa Dinobatkan jadi Pemban Agung Penata Ning Jagat

487
kali tampilan.
Menteri PDTT RI, Eko Putro Sandjojo menerima keris Pusaka dari Kadisbudpar Lombok Tengah, H. Lalu Muh. Putria pada acara Launching Desa Wisata Adat Ketare, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, NTB, Kamis (25/7/2019).

LOMBOKita – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo dinobatkan sebagai Pemban Agung Penata Ning Jagat oleh tokoh masyarakat Desa Ketare Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemberian gelar kebesaran tersebut ditandai dengan penyerahan sebilah keris pusaka dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, H. Lalu Putria, yang langsung diselipkan ke lipatan pakaian tradisional khas suku Sasak di Pulau Lombok yang sebelumnya dipasangkan ke Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo.

Kunjungan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo ke Desa Ketare itu untuk melaunching Desa Wisata Adat Ketare yang berada di sebelah timur Bandara Internasional Lombok.

Loading...

Dalam sambutannya, Menteri PDTT RI, Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, selain untuk memperkuat, melestarikan adat dan budaya, peluncuran Desa Wisata Adat Ketare juga untuk membuka destinasi pariwisata baru berbasis adat dan budaya di pulau Lombok.

“Saat ini kan wisatawan mancanegara itu senang berwisata ke desa-desa, sehingga adat istiadat dan budaya dimiliki oleh desa harus dimunculkan dan diperkuat keberadaannya dengan peluncuran desa wisata adat dan budaya,” ucap Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo.


Baca juga: Kunjungi Lombok, Menteri Desa Dorong Kades Berinovasi

Karena itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo berpesan kepada seluruh masyarakat yang hadir saat itu untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar para wisatawan yang datang berlibur bisa betah tinggal lebih lama lagi.

Acara peluncuran desa wisata adat Desa Ketare itu dihadiri pejabat Lingkup Pemprov NTB, Pemkab Lombok Tengah, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan budaya serta tokoh pemuda termasuk dari kalangan pegiat pariwisata di daerah itu.

Usai melaunching Desa Wisata Adat Ketare, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sandjojo bersama rombongan melakukan kunjungan ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.