Bakal calon Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah

LOMBOKita – Bakal calon Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah direncanakan hadir sebagai salah satu pembicara dalam acara Panggung Inspirasi, Lombok Enterpreneurs Festival yang akan digelar di Lombok City Center, pada 8-9 September 2017.

Ketua Panitia acara tersebut, Aldo el-Haz Kaffa menjelaskan, ada alasan khusus mengundang sosok yang akrab disapa Bang Zul tersebut.

Menurutnya, kemampuan Bang Zul dalam bidang ekonomi sudah tidak diragukan lagi. Untuk itu, ia menginginkan agar Bang Zul bisa berbagi ilmu dengan para peserta yang hadir.

“Dia doktor, dari S1 sampai S3 konsen di bidang ekonomi. Artinya, dari keilmuan kami butuhkan untuk masyarakat NTB. Pergaulannya dan jaringannya juga luas, para pelaku usaha bisa belajar dari sana,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (6/9/2017).

Terkait acara seminar dan talkshow ini, Aldo menekankan tidak ada muatan politik. Diundangnya Bang Zul murni atas pertimbangan kapasitasnya yang mumpuni dalam bidang ekonomi.

Seminar ini bertema “Wirausaha, Kepemimpinan & Peradaban : Ikhtiar Menuju NTB (Nusa Tenteram Bersama).” Acara yang digelar oleh Enterpreneurship Talk Community (ETC) dan Serikat Saudagar Saudara (SSN) Mataram ini menyasar pelaku UMKM di NTB. Namun, tidak dibatasi pula peserta dari berbagai kalangan yang memiliki ketertarikan pada bidang kewirausahaan.

“Acara ini free terbuka untuk umum, siapapun bisa hadir. Tapi untuk kuotanya kita sudah menyiapkan sekitar 500 kursi,” katanya.

Sepulang dari acara ini, Aldo berharap akan timbul aksi konkret dari pelaku usaha untuk bergerak dalam satu sistem ekonomi yang baku, yakni ekonomi kerakyatan. Ia mencontohkan, misalnya dengan membentuk sebuah koperasi bersama, yang memberdayakan pelaku usaha di NTB.

“Kita ingin mempraktikkan koperasi yang aktif, yang bisa berperan aktif di masyarakat. Bahkan nanti koperasi itu bisa bergerak seperti semacam PT, ikut tender. Tapi bentuknya bukan PT yang hanya menguntungkan pemegang modal, justru di koperasi ini semua anggota diuntungkan. Dari kita, oleh kita, dan untuk kita,” tambahnya.

Selain Bang Zul, dalam acara yang berlangsung selama dua hari itu ada empat pembicara lain. Hari pertama, tanggal 8 September akan diisi oleh talk show dari pewaris bisnis Taliwang Moerad, Dra. Hj. Nurhayati Moerad dan Dra. Hj. Intan Caya Sunardi dan pengusaha jamu kenamaan di NTB, Nasrin H. Muhtar. Kemudian tanggal 9 September, giliran Ketua GAPENSI NTB, Dr. H. Faurani Sibawae dan Dr. H. Zulkieflimansyah yang mengisi acara.