Dihantam Ombak,Talut dan Jalan Pantai Labuhan Haji Rusak Akibat Abrasi

345
kali tampilan.
Loading...

LOMBOKita – Pantai Labuhan Haji kabupatwn Lombok Timur, kembali alami abrasi, akibat hantaman ombak besar yang mengakibatkan badan jalan pinggir pantai  alami bolong bokong dan nyaris putua

Jalan jurusan Labuhan Haji Suryawangi,samping jempatan talut yang di bangun pemkab Lombok Timur itu, tergerus dan terkikis sampai buat kubangan.sebagaian ruas jalan sudah terkikis, dikhawatrikan kalau tak cepat ditangani jalan yang menghubungkan labuhan – suryawangi terputus.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lotim, Purnama Hadi yang dikonfirmasi pihaknya  mengaku sudah meninjau lokasi abrasi tersebut,

” abrasi jni masuk  kategori bencana yang tidak bisa dihindari,” ungkapnya.

Bahkan hal ini juga dirinya tak bisa menilai akibat kualitas pekerjaan jalan dan pembangunan talutnya kurang baik.Apalagi abrasi adalah bencana yang tidak bisa dihindari.

Loading...

“Untuk perbaikan,kuta anggarkan di APBD Perubahan,” ucap Purnama Hadi. Karena anggaran bencana yang ada di APBD induk telah di gubakan untuk penanganan sederet musibah yang melanda Lotim tahun ini

.Mulai dari banjir bandang dan gempa bumi yang merusak ribuan rumah warga. sehingga penggarannya dilakukan di perubahan. ” Kita akan  anggarkan di APBD Perubahan, nangi” ucap kembali.

menurut Purnama, anggaran yang di butuhkan untuk penanganan abrasi ini,paling tidak butuhkan anggaran Rp 700 juta sampai Ro 1 miliar.

dana ini digunakan untuk perbaiki jalan dan takut yang tergerus abraai tersebut, sehingga Untuk Penanganan abrasi Labuhan Haji ini harus dibangunkan talut dan bronjong,bila perlu bangun  pemecah gelombang.

” Batu batuan yang terpasang sebagai penahan ombak ini cukup efektif menahan hempasan gelombang,” sebutnya.

Meski demikian. Karena bersentuhan langsung dengan alam, tak menampik abrasi bisa saja terjadi lagi.” kita tak bisa lawan alam,” sebutnya..

 

 

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.