Donasi ASN Loteng, Terkumpul 3 Ton Beras dan Rp6,7 Juta untuk Korban Gempa

62
kali tampilan.

LOMBOKita – Bupati Lombok Tengah HM Suhaili Fadil Tohir meminta jajarannya melakukan donasi untuk para warga korban gempa di Lombok Timur dan Lombok Utara.

Hasilnya mencengangkan, donasi yang dilakukan usai senam bersama di Alun-alun Tastura Praya, Jumat (3/8/2018) pagi mencapai Rp6,7 juta dari Aparatur Sipil Negara di daerah itu.

Bahkan, instruksi Bupati Lombok Tengah dua periode itu untuk jajaran Kepala Satuan Pelayan Masyarakat (SKPM), berhasil mengumpulkan 3 ton beras dalam waktu yang relatif singkat.


Baca berita terkait:

Waduh, Pemkab Lotim Belum Keluarkan Dana Tanggap Darurat

Kerugian Akibat Gempa Se-NTB  Rp 342 Milyar, Pemkab Lotim Masih Mendata

Bantuan Korban Gempa Lombok Timur Menumpuk Di Posko Induk 

Waduh, Pengungsi Korban Gempa Beli Air Bersih, Kok Bisa?

Donasi transfer melalui “Lambur Community” BANK NTB Capem Paok Motong nomor rekening 016.22.05920.02-5

Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Tengah, H. Lalu Herdan, M. Si menjelaskan, seluruh hasil donasi ASN di daerah Tatas Tuhu Trasna itu seluruhnya diperuntukkan untuk para warga korban musibah gempa bumi yang melanda pulau Lombok pada akhir Juli 2018.

Hasil donasi kalangan ASN itu, kata Lalu Herdan, akan diserahkan dalam bentuk sembako, maupun perlengkapan yang dibutuhkan para korban gempa, semisal terpal untuk tenda penginapan, tikar, selimut, pampers dan popok bayi serta beberapa kebutuhan lain.

Pendistribusian hasil donasi itu, katanya, akan dibagi melalui tiga tim yang telah dibentuk pemerintah daerah.

“Berdasarkan hasil rapat koordinasi, tim dibagi menjadi tiga, satu tim untuk penyaluran di wilayah Sembalun, satu tim ke Sambalia dan satu tim lagi diarahkan ke Kabupaten Lombok Utara,” jelas Kabag Humas.

Masing-masing tim akan bergerak serentak pada Sabtu tanggal 4 Agustus 2018 pagi. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah juga, menurut Lalu Herdan, sebelumnya mengirim bantuan tenaga dari Tagana, Tim Reaksi Cepat serta beberapa tenaga kesehatan untuk membantu para korban bencana gempa bumi di dua wilayah tetangganya itu.

Diakui H. Lalu Herdan, sejak terjadinya guncangan gempa itu, di beberapa tempat melakukan aksi penggalangan dana untuk korban gempa, baik oleh kalangan pelajar maupun komunitas sosial.

H. Lalu Herdan menyebutkan, pemerintah Kabupaten Lombok Tengah telah beberapa kali menyalurkan bantuan untuk para korban bencana gempa di Lombok Timur dan Lombok Utara, yang disalurkan melalui PKK dan GOW.

“Kalangan sekolah, pengusaha dan komunitas-komunitas yang ada di Lombok Tengah juga telah menyalurkan bantuan sejak terjadinya bencana gempa,” kata H. Lalu Herdan.

H. Lalu Herdan juga menyebutkan, tidak ada dampak kerusakan akibat guncangan gempa di Lombok Tengah. Kecuali hanya getaran-getaran dan guncangan kecil yang tidak berakibat buruk.

“Alhamdulillah Lombok Tengah hanya mendapatkan getaran-getaran kecil, dan tidak menimbulkan kerusakan,” pungkas H. Lalu Herdan.