Dr. Zul Mulai Wujudkan Mimpi Kirim 1000 Pemuda NTB ke Polandia

1779
kali tampilan.
Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter F. Gontha, bersama Dr. H. Zulkieflimansyah, dalam sebuah kesempatan, beberapa waktu lalu.

LOMBOKita – Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter F. Gontha mengpresiasi komitmen Gubernur NTB terpilih, Dr. H. Zulkieflimansyah yang ingin mengirim 1000 pelajar/mahasiswa untuk menuntut ilmu di Polandia.

“Ingin saya informasikan bahwa saya besok akan kedatangan Gubernur terpilih NTB Zulkieflimansyah,” ungkap Peter F. Gontha melalui akun Facebooknya, Selasa (4/9).

Peter F. Gontha pun mengutarakan bahwa kehadiran Dr. Zul hanya seorang diri. “Beliau datang sendiri, ke KBRI Warsawa, Polandia tanpa kawalan ataupun siapapun juga. Beliau akan menginap di kediaman Wisma Indonesia, agar irit biaya. Tidak di Hotel,” ungkapnya.

Menurut Peter F. Gontha, Dr. Zul hadir di Polandia untuk bertemu dengan pihak universitas setempat dan lembaga- lembaga pendidikan. Agenda ini tak lain adalah upaya Dr. Zul untuk mewujudkan mimpinya yang ingin mengirim 1000 pelajar/mahasiswa NTB ke Polandia setiap tahunnya. Di Polandia, rencananya para pelajar/mahasiswa itu akan belajar di bidang sains.

Institusi pendidikan di Polandia menjadi pilihan menarik. Menurut Peter F. Gontha, biaya pendidikan di Polandia 20% lebih murah dari pendidikan di negara barat lain, namun kualitas pendidikannya sudah berstandar Uni Eropa.

Peter F. Gontha menambahkan bahwa Dr. Zul ingin menjadikan NTB pusat Riset dan Sains di Indonesia. “Beliau ingin bertukar pikiran mengenai energi terbarukan. Beliau mempunyai mimpi besar,” tegasnya.

“Beliau (juga) ingin melihat teknologi pembangunan rumah murah yang dapat dibangun dalam waktu singkat untuk para korban Gempa di Lombok,” ujarnya.

Menurutnya, Dr. Zul adalah tipikal orang muda yang mau bekerja tanpa banyak bicara.

Untuk diketahui, Polandia saat ini dikenal memiliki cukup banyak universitas atau lembaga pendidikan terkemuka. Beberapa diantara universitas terkemuka itu adalah University of Warsaw, Jagiellonian University, AGH University of Science and Technology, Warsaw University of Technology dan banyak lagi lembaga lainnya.

Dalam banyak kesempatan, Dr. Zul sendiri telah menegaskan pentingnya mengenyam pendidikan di luar negeri. Sebagai sosok yang pernah belajar di berbagai kampus dan lembaga pendidikan terkemuka di luar negeri.

Dr. Zul merasakan sendiri betapa banyak hal berharga yang diperoleh dari belajar di luar negeri. Mulai dari manfaat belajar di universitas berstandar tinggi, hadirnya berbagai pengalaman baru, manfaat memiliki jejaring pertemanan lintas negara-bangsa, hingga tumbuh dan semakin kuatnya kebanggaan terhadap bangsa sendiri.

“Untuk itulah, kami akan menyiapkan banyak beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa kita, yang bisa diakses,” ujar Dr. Zul.