Dukungan Untuk Ahyar-Nurdin dari Kades Sumbawa

Pilkada serentak 2018

LOMBOKita – Sebanyak 20 orang kepala desa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kepala Desa di Kabupaten Sumbawa mendukung pencalonan H Ahyar Abduh sebagai bakal calon gubernur dan H Nurdin Ranggabarani sebagai wakil gubernur di Pilkada Nusa Tenggara Barat 2018.

Pernyataan para kepala desa (kades) ini disampaikan saat menemui Nurdin Ranggarabarani di Komisi IV DPRD NTB di Mataram, Senin. Para Kades tersebut, menyampaikan aspirasi masyarakat menyangkut kondisi desa di wilayah Kabupaten Sumbawa dan Pulau Sumbawa umumnya yang masih tertinggal baik dalam infrastruktur, ekonomi maupun pembangunan bidang lainnya.

Kades Jorok Zainudin mengatakan seluruh kepala desa Minggu (23/7) telah mengunjungi Ahyar Abduh menyampaikan dukungannya, dan berharap jika Ahyar Abduh terpilih bisa memperhatikan desa mereka.

“Hari ini juga kami sampaikan dukungan kepada Nurdin Ranggabrani jika akan berpasangan dengan Ahyar Abduh,” katanya.

Ia juga meminta Komisi IV DPRD mengawal dua program pemerintah provinsi (pemprov) yang akan disalurkan kepada empat desa, yakni bantuan dana untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) masing masing sebesar Rp100 juta di Desa Jorok, Mamak, Batu Bangka dan Desa Pernek.

“Ini sudah dianggarkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, pemerintah desa, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil NTB di tahun 2017. Kami harap juga bisa dikawal sehingga bisa dirasakan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, ia menyebutkan, bantuan lainnya yang dijanjikan Dinas Pembedayaan Masyarakat, yakni perbaikan rumah kumuh.

“Kami di Desa Jorok dapat bantuan perbaikan 40 unit rumah dan Desa Batu Bangka 43 unit. Kami disuruh membuat proposal agar bisa disetujui,” ucapnya.

Kades lainnya, Khairuddin menyampaikan, kehadirannya menemui Komisi IV adalah bentuk kepedulian tentang kemaslahatan Sumbawa. Dia menyinggung Wakil gubernur NTB saat ini, meski dari Sumbawa, mereka tidak pernah diurus, apalagi diberi bantuan yang secara langsung.

“Ini kami buktikan ketika ada banjir tidak pernah ada bantuan ke kami,” ujar Khairuddin.

Pihaknya menaruh harapan besar kepada bakal calon wakil Gubernur NTB Nurdin Ranggabarani terkait dengan semua harapan kepala desa di Kabupaten Sumbawa.

“Kita titip harapan kepada Nurdin, agar Sumbawa lebih maju dan sejahtera,” tegasnya.

Ia menilai, sejauh ini tidak ada kontribusi provinsi kepada desa. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen mendukung Nurdin yang akan berpasangan dengan Ahyar Abduh sembari menaruh harapan besar perubahan.

Sekretaris Komisi IV DPRD yang juga bakal calon wakil gubernur NTB Nurdin Ranggabrani didampingi anggota lainnya Burhanudin Jakfar Salam mengapresiasi dukungan politik yang disampaikan para kades itu.

Pria yang akrab disapa NR ini berjanji akan tetap mengawal saluran keuangan pemerintah kepada desa melalui sebuah perda.

“Ada beberapa program yang mendapat perhatian pemerintah yang langsung ke desa seperti dana desa. Ini yang kami ingin kawal dalam bentuk regulasi perda di DPRD,” ucapnya.

Ia menambahkan, konteks Bumdes diharapkan kades bisa mengalokasikan anggaran tersebut sesuai kebutuhan dan potensi desa.

“Masyarakat Sumbawa itu petani, peternak dan nelayan. Bumdes harus bisa mendorong anggaran ke pos-pos itu. Dan sebaiknya Bumdes sepenuhnya dikelola atas nama desa, tidak lagi bantuan diperuntukkan model kelompok,” katanya.

Komentar Anda