BPS: Kenaikan Harga BBM Berdampak pada Multiplayer Efek

  • Ditulis oleh nanang marsuwandi
  • Kamis20 Jun 2013
    jam 15 : 16
  • kategoriEkonomi Bisnis
  • dibaca528 x

LOMBOKita - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lombok Timur, Lalu Supratna mengatakan, rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah, akan berdampak pada multiplayer efek .

Supratna menjelaskan, kenaikan harga BBM ini akan mempengaruhi semua jenis hasil produk, terutama terhadap Sembilan Bahan Pokok (Sembako), yang menjadi kebutuhan formal masyarakat. 

“Kenaikan harga BBM ini berdampak pada multiplayer efek atau memiliki efek terhadap harga kebutuhan lainnya,” kata Supratna di kantornya, Kamis (20/6/2013).

Menurutnya, BBM merupakan sektor paling sentral di dunia khususnya di pulau Lombok, sehingga bisa dipastikan kebutuhan dan tingkat belanja masyarakat akan menurun, seiring dengan kenaikan harga BBM. “Tentu masyarakat membutuhkan adaptasi cukup lama untuk menerima kenaikan harga BBM,” katanya.

Dampak rencana kenaikan harga BBM itu, katanya, memiliki dampak terhadap harga kebutuhan masyarakat, padahal masih tahap sosialisasi. Terlebih, ketika harga baru BBM sudah diterapkan, tentu akan berpengaruh besar di semua harga produk.

Untuk menyeimbangkan harga BBM, kata Supratna, masyarakat dengan sendiri menaikan harga kebutuhan lainnya, mulai transportasi, sembako, dan kebutuhan lainnya. “Harga kebutuhan lainnya mengikuti kenaikan harga bahan bakar minyak,” kata Lalu Supratna. (ari)