Populasi Ternak Sapi di Lombok Utara Meningkat Drastis

  • Ditulis oleh Sahnan Sutriadi
  • Selasa11 Feb 2014
    jam 20 : 20
  • kategoriEkonomi Bisnis
  • dibaca574 x

LOMBOKita - Bangkitnya kelompok ternak di Kabupaten Lombok Utara (KLU) terinspirasi dari keberhasilan warga di tempat lain yang sukses dalam mengelola peternakan. Kesadaran masyarakat dalam mengelola peternakan kini mulai tumbuh dengan membentuk kelompok ternak.

Sahnan, salah seorang peternak mengatakan, sumber daya alam di daerah ini sangat menunjang sebagai pakan ternak.

Di Desa Genggelang Kecamatan Gangga, lanjut Sahnan, terdapat banyak kelompok ternak yang berhasil. Selain hasil kebun, mereka juga bisa menghasilkan ternak yang bisa mengangkat perekonomian keluarganya. “Jenis ternak yang paling populer di Kecamatan Gangga adalah sapi, jika dibandingkan dengan ternak kambing atau karbau,” ucap Sahnan.

Sejak beberapa tahun terakhir, kata Sahnan, pertumbuhan ternak di KLU cukup pesat. Tahun 2008 lalu, ternak sapi di KLU berjumlah  55.475 ekor dan pada tahun 2014 berkembang menjadi 80.086 ekor. “Kenaikan yang cukup drastis mengingat daerah ini memiliki luas wilayah yang tidak terlalu besar,” tandasnya.

Sebagian masyarakat di desa ini memulai kelompok ternak dengan membuat kandang kompleks, selain menunjang keamanan, juga lebih cepat mendapatkan dana pembinaan dari pemerintah terutama dengan penyuluhan peternakan. (ari/lbk)