Ketua KPU NTB Aksar Ansori

LOMBOKita – Pemilihan kepala daerah di Nusa Tenggara Barat dipastikan diikuti empat bakal calon gubernur dan wakil gubernur.

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori di Mataram, Rabu, mengatakan dari pembukaan pendaftaran 8 sampai penutupan 10 Januari sebanyak empat bakal calon yang telah mendaftar ke KPU NTB.

“Dari sisi pendaftaran ada empat calon untuk Pilgub NTB,” ujarnya.

Empat pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur yang tekah mendaftar ke KPU NTB, diantaranya H Ali Bin Dahlan dan TGH Lalu Gede Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni (Ali – Sakti) yang mendaftar melalui jalur perseorangan.

Selanjutnya, pasangan bakal calon gubernur/wakil gubernur H Moh Suhali FT dan H Muhammad Amin (Suhaili – Amin) yang diusung Partai Golkar, PKB, dan Nasdem.

“Kedua pasangan ini mendaftar pada hari pertama, Senin (8/1),” terangnya.

Kemudian, pasangan H Ahyar Abduh – H Mori Hanafi (Aman) yang diusung enam parpol antara lain Gerindra, PDI Perjuangan, PPP, PAN, Hanura, PBB serta pasangan Dr Zulkiflimansyah dan Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah yang diusung Demokrat dan PKS. Kedua pasangan ini mendaftar ke KPU NTB pada hari terakhir pendaftaran, Rabu.

“Nanti setelah proses pendaftaran, masih ada lagi tahapan setelah pendaftaran yang harus diikuti para bakal calon,” jelas Aksar Ansori.

Untuk diketahui Ali Bin Dahlan atau akrab disapa Ali BD merupakan Bupati Lombok Timur dua periode melalui jalur perseorangan. Sedangkan, pasangannya TGH Lalu Gede Muhammad Ali Wirasakti Amir Murni mantan anggota DPRD NTB. Sementara, H Moh Suhaili FT saat ini menjabat Bupati Lombok Tengah dua periode dan pasangannya H Muhammad Amin saat ini menjabat Wakil Gubernur NTB.

Sementara, bakal calon gubernur H Ahyar Abduh saat ini menjabat Walikota Mataram dua periode dan pasangannya Miri Hanafi menjabat Wakil Ketua DPRD NTB dari Fraksi Gerindra. Sedangkan, Dr Zulkiflimansyah merupakan politisi PKS dan anggota DPR RI dari dapil Banten, sementara Hj Sitti Rohmi Djalilah merupakan kakak kandung Gubernur NTB saat ini TGH Muhammad Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB).