Enggak Cuma Senang-senang, Di Yogyakarta Kamu juga Bisa Berlibur Sambil Belajar

109
kali tampilan.
Sumber foto : https://www.alodiatour.com/museum-gunung-merapi/
Loading...

LOMBOKita – Yogyakarta jadi salah satu kota favorit warga Indonesia untuk berwisata. Salah satu alasan yang menjadikan Yogyakarta jadi salah satu kota favorit adalah mudahnya akses transportasi ke sana.

Selain menggunakan mobil pribadi, kamu juga bisa pergi ke Yogyakarta dengan menggunakan moda transportasi lain, seperti kereta atau pesawat.

Nah, buat kamu yang punya berencana berlibur ke Yogyakarta dengan naik pesawat, kamu bisa mencari promo tiket batik air untuk memangkas biaya perjalanan.

Menariknya lagi, Yogyakarta enggak cuma kaya dengan beragam situs-situs bersejarah. Kota Pelajar ini juga punya banyak destinasi wisata edukatif yang cocok buat keluarga. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Taman Pintar
Destinasi wisata edukatif di Yogyakarta yang pertama adalah Taman Pintar. Terletak enggak jauh dari Malioboro, destinasi wisata yang satu ini punya banyak wahana menarik yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Beberapa wahana yang bisa kamu temui adalah wahana sains, geothermal, air, nuklir, teknologi populer hingga dino adventure yang ada di Gedung Kotak di kawasan Taman Pintar.

Selain itu, kamu juga bisa menelusuri Gedung Oval yang juga punya beragam wahana menarik, seperti zona kehidupan purba, zona cuaca, iklim, dan gempa bumi. Masih belum cukup? Santai, kamu bisa mengunjungi Gedung Planetarium untuk dapat banyak informasi soal tata surya kita.

2. Museum Dirgantara Mandala
Sesuai namanya, museum ini memiliki beragam koleksi menarik terkait dunia penerbangan Indonesia. Terletak di kompleks Landasan Udara Adisucipto, museum yang didirikan sejak tahun 1978 ini digagas oleh TNI Angkatan Udara untuk mengabadikan peristiwa sejarah di lingkungan TNI AU.

Salah satu koleksi menarik yang bisa kamu temukan di Museum Dirgantara Mandala adalah replika pesawat pertama buatan Indonesia, pesawat WEL-I RI-X.

Enggak cuma itu, di museum ini juga terdapat berbagai lukisan, foto, pakaian dinas, tanda penghormatan, hingga diorama sejarah tentang TNI AU. Nah, tertarik mengunjunginya? Museum Dirgantara Mandala buka tiap hari pada pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

3. Cokelat Monggo
Apakah kamu seorang penggemar berat cokelat? Jika iya, Museum Cokelat Monggo wajib banget kamu kunjungi saat berlibur di Yogyakarta.

Sesuai dengan namanya, di tempat ini kamu akan mendapatkan banyak informasi menarik terkait cokelat, mulai dari bahan yang digunakan dalam membuat coklat, sejarah dan proses perkembangannya, hingga mengetahui proses pembuatan cokelat dari awal hingga akhir.

Menariknya lagi, di museum ini kamu diminta aktif saat berkunjung. Jadi, enggak cuma dapat banyak teori tentang coklat, tapi kamu juga bakal mengikuti sesi membuat coklat sendiri. Menarik, kan?

4. Museum Ullen Sentalu
Terletak di Jalan Boyong, Kaliurang, Museum Ullen Sentalu juga jadi salah satu tempat destinasi wisata edukatif yang bisa kamu kunjungi saat liburan bersama keluarga.

Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai peninggalan kerajaan Mataram dan penerusnya, berbagai lukisan, kain batik, hingga alat musik tradisional Jawa. Kondisi museum Ullen Sentalu juga terawat dan semua koleksinya tertata dengan rapi sehingga akan bikin pengunjung nyaman untuk berlama-lama di sini.

5. Museum Gunungapi Merapi
Terletak di Jalan Kaliurang, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta, museum yang satu ini punya beragam informasi terkait Gunung Merapi. Memiliki desain unik dengan latar Gunung Merapi, museum ini dibangun sejak tahun 2010.

Museum ini memiliki dua lantai. Di dalamnya terdapat replika sebaran awan panas dari tiga letusan Gunung Merapi yang pernah terjadi, yakni pada tahun 1969, 1994, dan 2006. Menariknya lagi, kamu dan keluarga juga bisa mempelajari tipe letusan gunung api, batuan dari Gunung Merapi, hingga koleksi sisa letusan di tahun 2006 silam.

Itu dia lima destinasi wisata edukatif di Yogyakarta untuk dikunjungi bersama keluarga. Dari lima rekomendasi tersebut, mana yang sudah pernah kamu kunjungi terlebih dahulu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.