Erupsi Gunung Agung, Bandara Lombok Masih Normal

LOMBOKita – General Manajer Lombok Internasional Airport I Gusti Ngurah Ardita mengatakan aktivitas penerbangan dari dan menuju bandara itu belum terpengaruh akibat status awas Gunung Agung di Pulau Bali.

“Sampai saat ini kegiatan dan penerbangan di Lombok Internasional Airport tetap normal untuk semua rute,” kata I Gusti Ngurah Ardita saat dihubungi melalui telepon dari Mataram, Senin.

Pihaknya sudah melakukan sejumlah tahapan persiapan sebagai langkah antisipasi jika terjadi letusan Gunung Agung yang berdampak pada operasional di bandara.

“Kami bersama dengan komunitas bandara sudah melakukan tahapan persiapan sesuai standar operasional prosedur untuk penanganan kondisi operasional bandara,” jelasnya.

Bahkan, saat ini pun pihaknya tetap memonitor setiap perkembangan yang terjadi secara berkala bekerjasama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), termasuk, berkoordinasi dengan tim monitoring dari Bali.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pemerintah menyiapkan lima bandara untuk mengantisipasi jika gangguan penerbangan terjadi Bandara Internasional Ngurah Rai Bali akibat aktivitas vulkanik Gunung Agung yang meningkat.

“Kami sudah siapkan bandara di sekitar Bali,” katanya.

Ia mengatakan bandara yang disiapkan itu adalah Lombok, Makassar, Banyuwangi, Surabaya dan Malang. Kendati demikian, dia berharap Gunung Agung tidak meletus agar tidak mengganggu penerbangan dan dunia wisata di Bali.

Sejauh ini, ia mengatakan, penerbangan di Bali masih normal kendati terjadi peningkatan aktivitas Gunung Agung.

Komentar Anda