Festival “Belanjakan” Bikin Turis Ramai ke Masbagik

LOMBOKita – Festival Masbagik yang menampilkan parade kesenian daerah tidak hanya digemari masyarakat setempat. Namun juga para tamu wisatawan asing.

Sejak hari pertama festival yang digelar Pemuda Lambur Masbagik di Lapangan Umum Masbagik Kabupaten Lombok Timur itu membuat jalur lintasan Mataram – Kayangan Labuhan Lombok itu cukup padat.

Bahkan, Lapangan Masbagik yang cukup luas itu nyaris penuh sesak oleh masyarakat yang ingin menyaksikan parade kesenian tradisional yang ditampilkan masyarakat se-Kecamatan Masbagik.

Terlebih saat acara festival “Belanjakan” membuat panitia cukup kerepotan mengatur jumlah massa yang semakin membludak.

“Acara Belanjakan ini cukup banyak digemari masyarakat. Bahkan, turis mancanegara,” ungkap Panitia Festival Masbagik, Alwan Johari.

Festival Belanjakan yang mengutamakan kekuatan dan keseimbangan pisik ini, kata Alwan, kadang membuat para penonton terlihat tegang dan histeris.

“Kadang turis yang dikenal bernyali baja pun histeris melihat adu ketangkasan Belanjakan ini,” katanya.

Belanjakan, menurut Alwan, merupakan salah satu permainan tradisional yang nyaris punah di pulau Lombok, sehingga Pemuda Lambur Masbagik berusaha membangkitkannya lagi melalui even Masbagik Festival yang digelar setiap tahun.

Simak video pembukaan Festival Masbagik 2017 yang diambil dari LPP Selaparang Televisi

Komentar Anda