Fitur Unggulan Samsung Galaxy Note 8

Galaxy Unpacked 2017

LOMBOKita – Samsung resmi memperkenalkan Galaxy Note 8 di Park Avenue Armory, New York, Amerika Serikat, Rabu (23/8/2017). Ada sejumlah fitur yang jadi unggulan baru Samsung saat membuka tabir Note 8 di Galaxy Unpacked 2017. Samsung pun membeberkan fitur unggulan barunya.

Full Screen

Galaxy Note 8Fitur unggulan pertama adalah ukuran layarnya. Mengusung teknologi Infinity Display, Galaxy Note 8 menggunakan layar berukuran 6,3 inch dengan rasio aspek layar 18,5:9. Dengan ukuran itu, menonton video bisa lebih puas dengan layar lebar yang penuh.

Tak hanya itu, Samsung juga ikut memangkas penggunaan tombol Home, Back dan multitasking yang ada di layar. Mereka tetap dapat diakses secara virtual layaknya seri yang telah lebih dulu dirilis, Galaxy S8 dan S8+.

Serba Dual di Kamera

Fitur yang jelas jadi salah-satu unggulan utama adalah kameranya yang mengusung tagline ‘serba dual’. Mulai dari dual camera, dual pixel, dan dual OIS yang terpasang di kamera utamanya. Di seri ini, Samsung menggunakan dual lens, yang mana kedua kamera tersebut akan secara aktif menangkap objek foto.

Berkat teknologi Auto Focus (AF) yang diperbarui, kamera depan dan belakang smartphone akan mampu melacak fokus dengan lebik baik tanpa harus takut fokus kamera kabur ke objek lainnya.

Masih dalam hal kamera, Samsung juga hadirkan fitur Selective Focus untuk kamera belakangnya. Dengan fitur ini, pengguna dapat memilih ingin mengambil fokus belakang atau depan sebagai hasil fotonya. Fitur ini dapat digunakan baik sedang akan mengambil foto atau pun sedang preview foto.

Samsung menghadirkan kamera depan berukuran 8 MP dengan kamera belakang 12 MP untuk kedua lensanya. Katanya, kedua kamera di phablet ini memiliki aperture f/1,7 dan berkemampuan zoom hingga 10x (tunggu informasi resminya. pas NDA si Shinta juga masih ragu).

S Pen

Galaxy Note 8 S Pen

Jelas bukan seri Galaxy Note kalau tak menggunakan S Pen. Namun pena digital yang satu ini jelas beda dengan seri sebelumnya. Memang, sudah bisa dipakai untuk menulis basah-basahan seperti di Note 7 karena sudah dapat IP68, namun tak hanya itu yang jadi unggulan.

Bagi pengguna Note setia tentu sudah tak asing dengan fitur Screen Off Memo yang ada di Note sebelumnya. Di Note 5, fitur ini memang sudah memiliki kemampuan untuk mencatat, meskipun layar smartphone dalam keadaan mati. Sayangnya, kemampuan ini hanya bisa mengambil satu halaman saja.

Nah, di Galaxy Note 8 ini, Samsung ikut meningkatkan kemampuan Screen Off Memo. Tak hanya ditingkatkan jadi dua, tiga, atau sepuluh, tapi hingga 100 halaman memo di dalam aplikasi S Note.

Tak hanya itu, S Pen baru ini dapat digunakan langsung, bahkan meski stylus sedang tidak terpasang di slotnya. Di seri sebelumnya, pengguna harus memasang stylus S Pen tersebut kembali ke dalam slot sebelum S Pen dapat digunakan.

Samsung pun sedikit memoles ujung S Pen agar lebih kecil dan tajam. Tujuannya supaya lebih sensitif sehingga dapat menulis atau menggambar sesuai goresan stylus di layar phablet ini.

Kemampuan untuk menerjemahkan tulisan di gambar atau foto juga dapat peningkatan. Tak hanya kata per kata, tapi sudah bisa satu kalimat sekaligus. Fitur ini sejatinya sudah pernah hadir di Galaxy Note 7, namun hanya untuk tulisan kata per kata saja.

Apps Pair

Tak hanya mengalami peningkatan dalam kemampuan layar dan stylus, Samsung juga menghadirkan deretan aplikasi baru di dalam Galaxy Note 8 ini. Satu aplikasi yang menjadi unggulan adalah aplikasi Pair.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan dua aplikasi sekaligus yang sudah dipasangkan secara manual. Saat aplikasi pasangan tersebut dibuka, maka akan muncul dengan tampilan layar split screen.

Ambil contoh saat pengguna membuka aplikasi yang berpasangan, seperti Google Maps dan Instagram yang sebelumnya sudah dipasangkan. Saat salah satu aplikasi dibuka, maka kedua aplikasi akan muncul secara bersamaan dengan tampilan terpisah.

Komentar Anda