MUI Ingatkan Umat Islam Bayar Zakat

Gaya
Typography

LOMBOKita - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengingatkan seluruh umat Islam di daerah untuk bayar zakat fitrah.

"Kami mengingatkan seluruh umat Islam yang mampu untuk memenuhi kewajibannya membayar zakat fitrah di lembaga yang sah," kata Ketua MUI Kabupaten Bangka, Syaiful Zohri di Sungailiat, Senin.

Ia mengatakan, membayar zakat fitrah merupakan kewajiban umat Islam yang mempunyai kelebihan makanan atau harta sebagaimana ketentuannya dalam rukun Islam.

"Besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan tentu berdasarkan pada jumlah yang sudah ditentukan bersama oleh para ulama atau lembaga berwenang dalam hal ini Badan Amil Zakat Nasional (BASNAZ)," ujarnya.

Ia mengatakan, zakat fitrah bertujuan untuk membersihkan diri dari dosa dan harta yang tidak halal serta untuk membantu umat Islam lainnya yang berhak menerima.

"Umat Islam yang akan mengeluarkan zakat fitrah dapat memilih dalam bentuk beras atau uang dengan besaran atau jumlah yang sudah ditetapkan," katanya.

Menurutnya, zakat yang dikeluarkan oleh umat Islam memberikan makna kebersamaan dan saling tolong menolong, dimana dalam suasana Idul Fitri nantinya umat Islam yang menerima zakat dapat menikmati hari lebaran seperti muslim lainnya.

"Zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh umat Islam baik laki-laki maupun perempuan termasuk juga anak anak," katanya.

Zakat juga wajib bagi anak yang lahir sebelum matahari jatuh pada akhir bulan Ramadhan dan hidup selepas terbenam matahari. Orang yang memeluk Islam sebelum terbenam matahari pada akhir bulan Ramadhan dan tetap dalam Islamnya.

Serta seseorang yang meninggal selepas terbenam matahari akhir Ramadhan.

Zakat fitrah dikeluarkan pada bulan Ramadhan, paling lambat sebelum orang-orang selesai menunaikan Salat Idul Fitri. Jika waktu penyerahan melewati batas ini maka yang diserahkan tersebut tidak termasuk dalam kategori zakat melainkan sedekah biasa. (ant)